Pengertian Fungsi Atmosfer dan Manfaat Atmosfer Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Atmosfer berasal dari kata Yunani "Atmos" (artinya "uap air atau gas") dan "Sphaira" (artinya "selimut"). 

Oleh karena itu, atmosfer dapat diartikan sebagai lapisan gas yang menutupi seluruh bumi termasuk bumi dari permukaan bumi sampai ke angkasa luar dengan ketebalan sekitar 1.000 kilometer dari permukaan bumi dengan massa 59 x 1014 ton.

Di bumi, atmosfer berada pada ketinggian 0 km dari permukaan bumi, dan yang tertinggi berjarak sekitar 560 km dari permukaan bumi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Fungsi Atmosfer dan Manfaat Atmosfer Lengkap yang bisa kalian pahami.



Apakah atmosfer hanya ada di bumi? tentu saja tidak. Beberapa planet lain juga penuh dengan atmosfer, tetapi isinya bervariasi.

Fungsi Atmosfer

Atmosfer berperan dalam mengatur proses penerimaan panas dari matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas dari matahari. 

Sekitar 34% panas matahari dipantulkan kembali ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan permukaan bumi. Kemudian sekitar 19% gas diserap oleh atmosfer dan awan, kemudian sekitar 47% gas tersebut mencapai permukaan bumi.

Beberapa fungsi atmosfer antara lain:

  1. Pelindung pentanahan menjaga suhu bumi tetap stabil dan menjaga kestabilan cuaca dan kelembapan di bumi.
  2. Penyeimbang kondisi di dalam dan di luar bumi.
  3. Mengurangi rasa panas yang dihasilkan oleh sinar matahari langsung.
  4. Lindungi bumi dari meteor atau benda luar angkasa.
  5. Jaga agar gravitasi bumi tetap stabil.

Manfaat Atmosfer

Beberapa manfaat atmosfer meliputi:

  1. Lindungi bumi dari radiasi ultraviolet melalui lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi.
  2. Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.
  3. Atmosfer juga merupakan media cuaca, yang dapat mempengaruhi curah hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dll.
  4. Mengandung berbagai gas yang dibutuhkan untuk pernapasan manusia, tumbuhan dan hewan, seperti oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida.
Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Fungsi Atmosfer dan Manfaat Atmosfer Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.

No comments for "Pengertian Fungsi Atmosfer dan Manfaat Atmosfer Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel