Contoh dan Pengertian tentang Pemisahan Campuran

 TAMBANGILMU.COMContoh dan Pengertian tentang Pemisahan Campuran - Campuran adalah suatu bentuk dari dua atau lebih zat yang masih memiliki sifat asli dari zat tersebut, sehingga Kalian tidak dapat lagi melihat batasan antar zat yang akan dicampur. 

Campuran tersebut dapat terdiri dari beberapa unsur atau senyawa. Komponen campuran yang dapat dipisahkan sesuai dengan sifat fisik komponennya.Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Contoh dan Pengertian tentang Pemisahan Campuran yang bisa kalian pahami.



Kebanyakan zat atau bentuk yang ada di dunia ini tidak lagi murni, yaitu campuran. Misalnya seperti halnya udara, kita menghirup laut setiap hari. Udara sendiri tersusun dari berbagai jenis zat, seperti oksigen, karbondioksida, nitrogen, uap air dan lain sebagainya. Air itu sendiri terdiri dari air, garam dan zat lainnya.

Untuk mendapatkan zat murni, kita harus memisahkannya dari campuran. Prinsip pemisahan campuran didasarkan pada perbedaan sifat zat dalam fase penyusunnya, seperti bentuk zat, ukuran partikel, titik leleh dan titik didih, sifat magnetis, kelarutan, dll. Berikut ini akan diperkenalkan banyak kombinasi atau metode pemisah, termasuk:

Kromatogafi


Ilmuwan memisahkan campuran cairan dengan kromatografi. Campuran dilarutkan dalam cairan, atau bisa diubah menjadi gas untuk membuat larutan. Di antara padatan yang tercampur dalam larutan, zat yang lebih larut berpindah ke padatan dan membentuk pita warna yang disebut spektrum warna. Peneliti makanan sedang mempelajari kromatogram untuk menemukan pewarna makanan.

Jenis-jenis Kromatogafi


Kromatogafi Kertas


Peneliti menemukan metode untuk memisahkan pewarna makanan untuk dianalisis melalui kertas kromatografi. Bintik pewarna ditempatkan di atas kertas saring. Tepi bawah kertas dibenamkan ke dalam larutan. Kemudian, solusi menyediakan banyak warna, di mana berbagai warna bergerak lebih cepat dan pita muncul.

Kromatogafi Lapis Tipis (KLT)

Genetika menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT) untuk mempelajari materi yang menyusun gen kita. Padatan adalah pelat kaca / plastik yang dilapisi dengan bahan kimia (biasanya aluminium oksida atau silikon oksida). 

Saat campuran cairan naik di atas pelat, beberapa material naik lebih dari yang lain. Hidangan ini terlihat seperti bintik-bintik.Genetika menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT) untuk mempelajari materi yang menyusun gen kita. 

Padatan adalah pelat kaca / plastik yang dilapisi dengan bahan kimia (biasanya aluminium oksida atau silikon oksida). Saat campuran cairan naik di atas pelat, beberapa material naik lebih dari yang lain. Hidangan ini terlihat seperti bintik-bintik.

Filtrasi

Ketika zat dalam campuran memiliki ukuran partikel yang berbeda, mereka dapat dipisahkan dengan penyaringan. Tuang campuran ke dalam saringan. Yang terkecil akan masuk ke lubang, dan yang terbesar tidak akan masuk ke lubang. 

Filtrasi adalah langkah pertama dalam sirkulasi air. Kimiawan menggunakan filter yang disebut zeolit, yang memiliki pori-pori kecil untuk menghilangkan partikel kecil dari air.

Penyulingan

Distilasi disebut juga dengan distilasi. Distilasi adalah metode yang banyak digunakan untuk memisahkan campuran sesuai dengan kondisi berbeda yang diperlukan. Setelah distilasi, campuran cairan dipanaskan dalam vial.

Cairan dengan titik didih lebih rendah pertama-tama akan menguap dan mengembun (kembali ke air) dan kemudian menumpuk. 

Cairan dengan titik didih lebih tinggi tetap berada di dalam botol. Distilasi fraksional dapat memisahkan cairan secara berkala selama proses memasak. Industri perminyakan menggunakan teknik ini untuk memisahkan minyak mentah.

Tuang

Dekatansi digunakan sebagai alternatif metode filtrasi untuk memisahkan zat cair dan padat. Decanting dilakukan dengan menuangkan cairan secara perlahan agar padatan tetap berada di dalam wadah. 

Dekantasi lebih cepat daripada filtrasi, tetapi efeknya bahkan lebih rendah. Hal ini dapat memberikan hasil yang efektif bila ukuran padatan (misalnya campuran air dan kerikil) jauh lebih besar.

Sentrifugasi

Ketika partikel padat sangat halus dan jumlah pencampuran jauh lebih rendah, biasanya digunakan sebagai pengganti filtrasi. 

Cara ini dapat digunakan secara luas untuk memisahkan sel darah dan sel darah putih dari plasma. Padatan adalah penumpukan sel darah dan terakumulasi di bagian bawah tabung reaksi, sedangkan untuk plasma, bagian atasnya mungkin berbentuk cair.

Demikianlah Penjelasan tentang Contoh dan Pengertian tentang Pemisahan Campuran semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca Juga :

No comments for "Contoh dan Pengertian tentang Pemisahan Campuran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel