Efek Fotolistrik : Pengertian dan Penjelasan Lengkap


 TAMBANGILMU.COM - Efek Fotolistrik : Pengertian dan Penjelasan Lengkap - Deskripsi Einstein tentang efek fotolistrik adalah sebagai berikut. Dalam tabung hampa yang dilengkapi dengan dua buah elektroda (yaitu anoda dan katoda), kemudian hubungkan ke sumber tegangan arus searah (DC).

Sekalipun tegangan yang digunakan sangat kecil, arus tetap mengalir di rangkaian. Jika tegangan antar elektroda dalam tabung meningkat maka arus yang mengalir pada rangkaian akan meningkat. Namun, arus lalu lintas tidak terus meningkat.

Sampai tegangan tertentu, arus akan menjadi nilai konstan yang disebut arus saturasi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Efek Fotolistrik : Pengertian dan Penjelasan Lengkap yang bisa kalian pahami.

Efek Fotolistrik Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Pengertian Efek Foto Listrik


Jika tabung lampu terkena cahaya, arus akan meningkat karena energi cahaya dapat menerjang dan mengeluarkan elektron dari katoda, menyebabkan elektron mengalir ke anoda dan masuk ke arus.

Jika intensitas cahaya berlipat ganda, arus konstan akan berlipat ganda.

Jika sumber tegangan dibalik maka arus yang tadinya konstan akan berangsur-angsur menurun seiring dengan kenaikan tegangan, sampai pada akhirnya tidak mengalir.

Ketiadaan arus terjadi pada frekuensi tertentu (f 0), yang disebut frekuensi ambang.

Eksperimen menunjukkan bahwa cahaya berperan dalam membantu menghilangkan elektron dari permukaan logam.

Baca Juga : Efek Doppler adalah : Pengertian, Rumus dan Macam Lengkap

Energi kinetik maksimum elektron lepas tidak bergantung pada intensitas cahaya yang mengenai logam, tetapi pada frekuensi menabrak logam. Robert A

Millikan mencoba mengubah frekuensi cahaya yang digunakan. Dari percobaan didapatkan pergerakan lateral.

Dari percobaan ini dapat disimpulkan bahwa fotoelektron hanya bergantung pada frekuensi foton yang menghantamnya, dan frekuensi ambang batas (f 0) akan berbeda pada setiap material.

Penjelasan Einstein memperkuat hipotesis Planck bahwa cahaya bergerak dalam paket energi yang disebut foton. 

Baca Juga : Osiloskop : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Cahaya bertindak sebagai partikel dan gelombang, karena juga menyebabkan interferensi, difraksi, dan polarisasi. Selain itu, cahaya juga merupakan gelombang elektromagnetik.

Demikianlah penjelasan tentang Efek Fotolistrik : Pengertian dan Penjelasan Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.

No comments for "Efek Fotolistrik : Pengertian dan Penjelasan Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel