Pengertian Software dan Hardware Beserta Contohnya

TAMBANGILMU.COM - Pengertian Software dan Hardware Beserta Contohnya - Software dan Hardware memang lah sudah menjadi keperluan yang sangat umum untuk saat ini. Mulai dari komputer, laptop, dan smartphone.

Software dan hardware adalah suatu dua perangkat yang saling melengkapi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Software dan Hardware Beserta Contohnya yang bisa kalian pahami.

 

Pengertian Software dan Hardware Beserta Contohnya

 

Pengertian Software dan Hardware Beserta Contohnya

Pengertian Software dan Hardware

Software

Software merupakan bagian perangkat lunak yang berada pada dalam komputer itu sendiri, dan bagian ini tidak dapat disentuh hanya bisa dibaca lewat komputer.

Hardware

Hardware merupakan bagian perangkat keras komputer, bagian ini dapat kita sentuh dan diganti. Perangkat keras ini adalah salah satu elemen komputer yang dapat membantu mengoperasikan komputer.

Kedua perangkat tersebut sangatlah berbeda yang dimana Software merupakan bagian perangkat lunak yang tidak dapat dipegang dan hanya bisa dibaca sedangkan Hardware merupakan perangkat keras yang dapat kita sentuh dan kita ubah-ubah.

Contoh Software dan Hardware

Contoh Software

Operating System (Sistem Operasi)

Sistem operasi adalah merupakan perangkat keras yang dapat mengontrol keseluruhan komputer mulai dari aplikasi dan membaca komponen-komponen dari perangkat keras itu sendiri.

Contoh dari sistem operasi adalah : Microsoft Windows, LinuxOS, Android, iOS dan lain sebagainnya.

Tentu hal ini sangatlah penting untuk menjalankan sebuah perangkat dan aplikasi tersebut.

Driver Software

Driver software ini merupakan penghubung antara perangkat lunak dan perangkat keras, tanpa adanya driver ini perangkat keras tidak akan terbaca pada sistem operasi tersebut.

Contoh dari driver software adalah : Driver Graphic Card, Driver Wifi dan Driver Audio.

Contoh Hardware

Monitor

Monitor itu sendiri berfungsi untuk sebagai output dari CPU yang berupa biner, dan jenis monitor lainnya seperti.

  • Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
  • Monitor LED (Light Emitting Diode)
  • Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
  • Monitor Plasma

CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah perangkat keras yang bekerja untuk menerima dan melaksanakan suatu perintah, CPU dapat menjalankan perintah dengan benar apabila CPU mengalami kesalahan makan CPU tersebut akan mengalami kerusakan. CPU terbagi menjadi berbagai macam komponen yakni ada Unit Kontrol, Register dan Arithmetic Logic Unit.

Speaker

Speaker adalah suatu perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah gelombang elektromagnetik atau listrik menjadi suara atau audio.

RAM (Random Access Memory)

RAM adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara serta membaca.

RAM dapat berpengaruh pada kecepatan komputer semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat untuk melakukan proses loading data serta multitasking pada beberapa aplikasi yang dijalankan.

Mouse

Mouse merupakan perangkat keras yang sangat sederhana untuk menjalankan sebuah kursor mouse. Mouse berfungsi untuk mengoperasikan sebuah komputer mulai dari aplikasi dll.

Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras untuk menginput sebuah data maupun tulisan atau angka. Keyboard sendiri berfungsi untuk melakukan penulisan atau pencarian data.

Hardisk

Hardisk merupakan tempat penyimpanan data dan membaca data, hardisk juga berguna untuk menyimpan data data penting seperti data operasi sistem dan lain sebagainya.

Hardisk sendiri memiliki komponen yang diantaranya adalah : Platter, Spindle, Read/Write Head dan Read/Write actuator arm.

Processor dan Kipas (Fan)

Dalam sebuah CPU komputer terdapat yang namanya Processor dan Kipas, yang dimana processor sendiri berguna sebagai otak dari komputer sedangkan kipas atau fan berguna untuk mendinginkan processor tersebut supaya tidak cepat panas.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Software dan Hardware Beserta Contohnya semoga artikel di atas bermanfaat.

No comments for "Pengertian Software dan Hardware Beserta Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel