Penjelasan Materi Medan Magnet Beserta Rumusnya

TAMBANGILMU.COM - Medan magnet merupakan ilustrasi yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan memvisualisasikan bagaimana gaya magnet didistribusikan antara atau di sekitar benda magnet itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa magnet memiliki dua kutub yang disebut kutub utara dan kutub selatan. Oleh karen itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan Penjelasan Materi Medan Magnet Beserta Rumusnya yang bisa kalian pahami.

penjelasan-materi-medan-magnet-beserta-rumusnya

Jika suatu magnet didekatkan dengan magnet lain dengan kutub yang sama, maka kedua magnet tersebut akan saling tolak menolak.

Jika dua magnet ditempatkan dekat dengan jenis kutub yang berbeda, hasilnya akan saling menarik.

Visualisasi Medan Magnet

Medan magnet dapat divisualisasikan dengan dua cara, yaitu:

  • Secara matematis digambarkan sebagai vektor. Arah dan besaran setiap vektor pada setiap titik yang berbentuk panah bergantung pada besar gaya magnet pada titik tersebut.


    vektor-medan-magnet-persegi-panjang

    Gambar : Vektor Medan Magnet Persegi Panjang


  • Mengilustrasikan menggunakan garis. Setiap vektor dihubungkan dengan garis yang tidak putus, dan jumlah barisnya bisa sebanyak mungkin. Metode ini paling sering digunakan untuk mendeskripsikan medan magnet.




    Gambar : Garis-garis Medan Magnet Persegi Panjang


Karaktersitik Garis Medan Magnet

Garis medan magnet memiliki ciri-ciri yang dapat digunakan untuk analisis, yaitu:

  • Setiap baris tidak pernah berpotongan satu sama lain.
  • Di area di mana medan magnet menjadi lebih besar, garis-garis ini menjadi lebih rapat. Hal ini menandakan bahwa semakin rapat garis medan magnet maka semakin besar gaya magnet di daerah tersebut.
  • Garis-garis ini tidak dimulai atau berhenti di mana pun, tetapi garis-garis ini membentuk lingkaran tertutup dan tetap terhubung dalam material magnet.
  • Tanda panah pada garis menunjukkan arah medan magnet. Kadang-kadang tidak ada panah yang digambar pada garis medan magnet, tetapi medan magnet selalu memiliki arah dari kutub utara (utara) ke selatan (selatan).
  • Garis-garis ini sebenarnya bisa ditampilkan secara nyata. Cara yang paling sederhana adalah dengan menyebarkan bubuk besi di sekitar magnet dan menghasilkan karakteristik yang sama dengan garis medan magnet.



    Gambar : Visualisasi Bubuk Pasir Besi

Pengukuran Rumus Medan Magnet

Medan magnet merupakan besaran vektor, sehingga dalam mengukur medan magnet terdapat dua aspek yaitu ukuran dan arah medan magnet. 

Untuk mengukur arah, kita bisa menggunakan kompas elektromagnetik. Jika kompas elektromagnetik diletakkan di sekitar medan magnet, jarum kompas juga akan mengikuti arah medan magnet pada titik tersebut.

Dalam rumus medan magnet, kekuatan medan magnet dilambangkan dengan simbol B. Menurut sistem internasional, satuan besaran ini adalah Tesla (T), yang diambil dari nama Nikola Tesla.

Tesla diartikan sebagai gaya medan magnet. Misalnya, lemari es kecil menghasilkan medan magnet sebesar 0,001 T.

Salah satu cara untuk membangkitkan medan magnet tanpa menggunakan magnet yaitu dengan mengalirkan arus listrik.

Ketika kita melewatkan arus melalui kabel (misalnya, menghubungkannya ke baterai), dua fenomena terjadi. Semakin besar arus yang mengalir pada kabel maka semakin besar pula medan magnet yang dihasilkan. Begitu juga sebaliknya.

Menurut hukum Ampere, medan magnet diterapkan dengan berbagai cara, sehingga beberapa persamaan adalah sebagai berikut:

Rumus Besar Medan Magnet

B = μ I / 2 π r 

Keterangan :

  • B = besar medan magnet (T)
  • μ = konstanta permeabilitas (4π 10-7 Tm/A)
  • I = arus listrik (A)
  • r = jarak dari kabel (m)

Rumus Besar Arus Listrik

I = B 2πr/ μ

Keterangan :

  • B = besar medan magnet (T)
  • μ = konstanta permeabilitas (4π 10-7 Tm/A)
  • I = arus listrik (A)
  • r = jarak dari kabel (m)

Menentukan Medan Magnet dengan Tangan Kanan

Untuk mengetahui arahnya, kita bisa menggunakan prinsip tangan kanan. Ibu jari adalah arah arus, dan jari lainnya adalah arah medan magnet di sekitar kawat.





 

Arah dengan ibu jari menghadap ke atas menunjukkan arah arus dengan simbol i. Arah dari empat jari-jari lainnya menunjukkan arah medan magnet dengan simbol B. Gambar di atas dalam posisi horizontal dan vertikal.

Demikianlah Penjelasan Materi Medan Magnet Beserta Rumusnya semoga artikel di atas bermanfaat.

Referensi atau Sumber :

No comments for "Penjelasan Materi Medan Magnet Beserta Rumusnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel