Pengertian Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

TAMBANGILMU.COM - Berikut ini merupakan penjelasan lengkap tentang pengertian elektromagnetik atau pengertian elektromagnet, sifat gelombang elektromagnetik, induksi elektromagnetik, dilengkapi dengan manfaat penerapan elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan Pengertian Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari yang bisa kalian pahami.

 

Pengertian Elektromagnetiki

Pengertian Elektromagnetik 

Elektromagnet adalah sejenis magnet yang dibuat dengan melilitkan kawat di sekitar logam konduktif seperti besi atau baja, dan kemudian mengalirkan arus listrik melaluinya. Elektromagnet juga disebut elektromagnet. Elektromagnetik adalah peristiwa yang mengubah besi atau baja dalam kumparan arus menjadi magnet. 

Pada sekeliling kawat yang ber arus listrik terdapat medan magnet. Magnet juga dapat dihasilkan dengan adanya arus listrik. Hal ini memungkinkan alat tertentu untuk bekerja dengan menggunakan listrik sebagai sumber tenaga magnet. 

Arah medan magnet bergantung pada arah arus listrik. Kuatnya medan magnet disekitar kawat tergantung dari kuat arus dan jarak dari suatu titik ke kawat tersebut. Medan magnet di sekitar kawat lurus dapat ditentukan dengan aturan tangan kanan, dan arus melingkar dapat ditentukan oleh medan magnet. 

Sifat elektromagnet mempunyai kemagnetan yang kuat ketika lilitan makin banyak, dan arus lltrik semakin besar. Ketika arus terputus, magnet menghilang sepenuhnya. Intensitas magnet dapat diubah dengan mengubah intensitas arus, dan kutub elektromagnetik dapat dibalik.

Contoh Penerapan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Elektromagnet bertenaga digunakan untuk mengangkat benda besi seperti rel kereta api, mobil dan mesin. Benda-benda ini sangat tertarik oleh elektromagnet dan tidak akan terlepas sampai arus terputus.

Selain untuk angkat benda besi, elektromagnet juga banyak digunakan pada alat-alat listrik. Misalnya: bel listrik, telepon dan telegram. 

Bel Listrik 

Bel listrik memiliki bagian terpenting berupa alat pemutus arus. Jika arus dari baterai A melewati kumparan kawat di sekitar elektromagnet B, titik jangkar besi lunak C akan tertarik. Gaya pegas memperbaiki jangkar di D.

Karena tarikan jangkar, kontak antara jangkar dan sekrup S putus. Inti besi lunak kehilangan daya tariknya, sehingga jangkar tertarik kembali. Kemudian hubungan ini terjadi lagi seperti semula.

bel listrik

Gambar: Skema Kerja Bel Listrik

Inti besi lunak bersifat magnetis, dan titik jangkar ditarik olehnya, begitu seterusnya, sehingga titik jangkar bergerak maju mundur dengan cepat. Gerakan bolak-balik ini diteruskan ke pemukul untuk membunyikan bel.

Telepon

Telepon terdiri dari alat pemancar yang disebut mikrofon dan penerima yang disebut telepon. Terdapat pelat tipis (diafragma) di dalam mikrofon (M) yang dapat bergetar. Di belakang diafragma terdapat bubuk arang. Kabel mikrofon dihubungkan ke diafragma yang dilekatkan bubuk arang.

Saat suara melewati mikrofon, diafragma bergetar dan ruang di belakangnya secara bergantian bertambah dan berkurang.

Di dalam telepon (T) terdapat magnet permanen dengan sejumlah lilitan kawat kecil. Ada magnet permanen dengan jarak 1 mm dari kutub magnet, dan magnet ditarik ke magnet sehingga membuatnya cekung.



Gambar: Skema Kerja Pesawat Telepon

 
Ketika gaya magnet berubah maka tegangan pada diafragma akan berubah sehingga terjadi perubahan intensitas arus. Perubahan intensitas arus ini akan diperkuat oleh kumparan induksi, yang akan mengubah tarikan magnet permanen di ponsel..

Oleh karena itu, getaran diafragma mikrofon sama dengan getaran diafragma ponsel, sehingga suara yang dikeluarkan sama dengan suara yang dikirim ke mikrofon. 

Telegraf 

Dalam pesawat telegraf, terdapat pemancar A dan penerima B sama-sama menggunakan elektromagnet. Saat kunci Morse A ditekan, penerima pengapian B akan menghasilkan sirkuit tertutup.

Oleh karena itu, dinamo pada dinamo B ditarik oleh elektromagnet, dan roda kecil R dibenamkan ke dalam printer tinta pada pita kertas yang bergerak tidak beraturan.

Gambar: Skema Kerja Telegraf


Ketika kunci Morse ditekan sebentar, sebuah titik dihasilkan. Namun, ketika tombol Morse ditekan, garis panjang dibuat sehingga berbagai simbol Morse dapat digunakan untuk mengirim pesan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hariyang semoga artikel di atas bermnafaat.

Baca Juga :

1 comment for "Pengertian Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari"

  1. waah bermanfaat banget ilmu Pengertian Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel