Omnivora, Herbivora, Karnivora adalah : Pengertian dan Contohnya

TAMBANGILMU.COM - Omnivora, Herbivora, Karnivora  adalah : Pengertian dan Contohnya - Jika belum mengetahui pengertian dari Omnivora, Herbivora dan Karnivora mungkin kalian dapat membacanya dibawah ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Omnivra, Herbivora, Karnivora  adalah : Pengertian dan Contohnya yang bisa kalian pahami.

 

Omnivora, Herbivora, Karnivora  adalah : Pengertian dan Contohnya

Pengertian Omnivora, Herbivora dan Karnivora

Omnivora

Omnivora sendiri berasal dari kata bahasa latin yaitu “Omnis” dan “Vorare”. Arti dari kata “Omnis” artinya adalah “Segala” sedangkan kata “Vorare” memiliki arti kata “Pemakan”. Jadi arti dari kata Omnivora adalah makhluk hidup atau hewan yang pemakan segalanya seperti makan hewan dan tumbuhan. 

Omnivora merupakan golongan organisme Heterotrof hal ini dikarenakan tidak dapat memproduksi makanan sendiri, sehingga mengharuskan untuk memakan organisme lain supaya dapat bertahan hidup.

Hewan omnivora tidak memiliki ciri yang khusus untuk menunjang jenis makanannya. Hewan omnivora sendiri dapat dicirikan sebagai hewan pemakan segalanya yakni ada tumbuhan (kayu/batang, daun, biji, kulit, akar, serabut, ampas) dan hewan (daging, darah, telur). Untuk makanannya sendiri hewan omnivora akan berganti-ganti dalam memakan makanan hewan lainnya.

Ciri-ciri Omnivora :

  • Memakan daging dan tumbuhan.
  • Memiliki pencernaan yang sangat kompleks
  • Memiliki gigi utama yang tajam pada bagian depan
  • Memiliki gigi yang datar pada bagian dalam bekalannya

Herbivora

Herbivora lataboga, atau maun di zoologi adalah hewan yang hanya memakan jenis tumbuh-tumbuhan dan tidak dapat memakan daging. 

Manusia bukan golongan yang masuk ke dalam herbivora. Manusia yang memilih untuk tidak memakan daging hewan disebut dengan nabatiwan. Lataboga dalam ilmu kedokteran prakteknya banyak yang memakan telur dan kadang makan makanan seperti protein hewani lainnya.

Intinya herbivora adalah makhluk hidup yang tidak memakan daging, dan hanya memakan tumbuhan. Herbivora termasuk ke dalam golongan heterotrof karena tidak dapat memproduksi makanan sendiri.

Ciri-Ciri Herbivora :

  • Ciri dari hewan herbivora adalah dengan memiliki gigi gerahamnya saja untuk mencerna makanan. Dalam ekosistem herbivora ini adalah pemakan produsen pertama, karena dikenal sebagai pemakan produsen atau tumbuhan hijau.

Karnivora

Karnivora merupakan hewan pemakan daging, baik daging hidup ataupun daging yang sudah mati. Kata dari karnivor sendiri merupakan bahasa asing “Carne” yang berarti daging dan “Vorare” yang berarti “Mengonsumsi”. 

Hal ini berbeda dengan hewan yang hanya memakan serangga atau disebut dengan insektivora. Alasan manusia tidak memakan hewan karnivora adalah hewan tersebut merupakan pemakan daging (kanibal) yang dimana hewan ini sangatlah buas.

Ciri-ciri Karnivora

  • Memiliki gigi tajam untuk merobek dan menggigit daging
  • Memiliki kuku yang tajam
  • Memiliki kecepatan untuk berlari demi memburu mangsanya
  • Memiliki racun atau bisa untuk melemahkan mangsanya

Kesimpulannya adalah :

Omnivora


Omnivora merupakan hewan yang memakan segalanya contoh seperti monte, gorila, dan simpanse cenderung mereka hanya memilih satu jenis makanan saja.

Herbivora


Herbivora adalah hewan yang memakan jenis tumbuhan hijau contoh seperti sapi, kambing, kerbau, kuda dan hewan pemakan tumbuhan lainnya.

Karnivora


Karnivora sendiri sebagian besarnya adalah kucing dan anjing, hanya memakan daging dan dapat berperilaku seperti omnivora karena mereka dapat memetakan materi tanaman.

Demikian penjelasan tentang Omnivora, Herbivora, Karnivora  adalah : Pengertian dan Contohnya yang semoga artikel di atas bermanfaat.

No comments for "Omnivora, Herbivora, Karnivora adalah : Pengertian dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel