Hukum Newton 1, 2, 3 : Bunyi dan Rumusnya Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Hukum Newton adalah hukum yang menjelaskan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang ditimbulkannya. Hukum gerak ini merupakan dasar dari mekanika klasik, yang dijelaskan dalam tiga hukum fisika.

Seperti namanya, hukum Newton diajukan oleh fisikawan, matematikawan, dan filsuf Inggris Sir Isaac Newton (1643-1722). Dia menemukan hukum gravitasi, hukum gerak, kalkulus, teleskop pantul, dan spektrum. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan Hukum Newton 1, 2, 3 : Bunyi dan Rumusnya Lengkap yang bisa kalian pahami.

hukum newton lengkap

Hukum Newton 1 

Bunyi : “Jika resultan pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap”

Menurut hukum ini, Anda dapat memahami bahwa benda cenderung mempertahankan keadaannya. Benda diam akan cenderung diam, dan benda bergerak cenderung tetap. Oleh karena itu, hukum pertama Newton disebut juga dengan kelembaman inersia atau hukum inersia.

Kamu dapat melihat contoh penerapan Hukum Newton I. Jika Kamu berada di dalam kendaraan yang bergerak dan kemudian tiba-tiba melakukan pengereman, tubuh Anda akan terdorong ke depan. Itulah yang dimaksud dengan "trend berkelanjutan" atau "kecenderungan untuk tetap melaju". Anda bisa mengamati contoh lain, jika Anda duduk di kendaraan yang tidak bergerak lalu bergerak tiba-tiba, tubuh Anda akan melompat ke belakang. Inilah yang dimaksud dengan "kecenderungan untuk diam".

Contoh di atas adalah kejadian kelembaman atau inersia. Sifat inersia benda bergantung pada massa benda. Semakin besar massa suatu benda, semakin besar kelembamannya. 

Massa adalah jumlah inersia suatu benda. Semakin besar massa suatu benda, semakin besar gaya yang dibutuhkan untuk mempercepat atau mempercepat benda tersebut. Selain itu, besararan mass lebih sulit dipindahkan dari posisi diam dan sulit berhenti bergerak.

Hukum Newton 2 

Bunyi : "Percepatan suatu benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja pada benda dan berbanding terbalik dengan massa benda. Arah percepatannya sama dengan arah gaya total yang bekerja padanya".

Menurut hukum Newton II, Kamu dapat memahami bahwa jika suatu benda menerima gaya searah dengan gerakan benda, kecepatan benda akan bertambah. Namun, jika arah gaya total yang diberikan pada benda berlawanan dengan arah gerakan benda, gaya tersebut akan mengurangi kecepatan benda atau bahkan menghentikan benda untuk bergerak.

Karena perubahan kaljuan atau perubahan kecepatan adalah percepatan. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya total yang bekerja pada benda menyebabkan percepatan. Kamu dapat mengamati contoh penerapan hukum Newton II, jika Kamu menendang bola (artinya Kamu menerapkan gaya pada bola), bola akan bergerak dengan percepatan tertentu.

Karena kecepatan atau perubahan kecepatan adalah percepatan. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya total yang bekerja pada benda menyebabkan percepatan. Kamu dapat mengamati contoh penerapan hukum Newton II, jika Anda menendang bola (artinya Kamu menerapkan gaya pada bola), bola akan bergerak dengan percepatan tertentu.

Hukum kedua Newton II dinotasikann dengan rumus :

Dimana :

\Sigma F = gaya total yang bekerja pada benda (N)
m = massa benda (kg)
a =percepatan benda (m/s2)

Hukum Newton 3 

Bunyi : "Ketika sebuah benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua memberikan gaya yang sama, tetapi berlawanan arah dengan benda pertama".

Contohnya adalah ketika Anda mengetuk meja (yang berarti menerapkan gaya ke meja), dan kemudian meja akan mengirimkan gaya kembali ke tangan Anda dalam besaran yang sama dan arah yang berlawanan dengan gaya yang diterapkan. Oleh karena itu, semakin besar sentuhan meja, tangan Anda akan semakin sakit, karena meja memberikan tenaga yang lebih besar pada tangan Anda. Lihatlah gambar di bawah ini.

hukum aksi reaksi

Hukum Newton III dinotasikan dengan rumus :


Dimana :

F_1 = gaya yang diberikan pada benda 2 (N)
F_2 = gaya yang diterima kembali pada benda 1 (N)

Demikian penjelasan tentang Hukum Newton 1, 2, 3 : Bunyi dan Rumusnya Lengkap semoga artikel di atas bemanfaat.

Baca Juga :

No comments for "Hukum Newton 1, 2, 3 : Bunyi dan Rumusnya Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel