Efektif dan Efisien adalah : Pengertian, Contoh dan Perbedaan

TAMBANGILMU.COM - Efektif dan Efisien adalah : Pengertian, Contoh dan Perbedaan - Hampir semua orang salah dalam mengartikan kata dari efektif dan efisien, seringkali semua menyamakan kata dari efektif dan efisien tersebut.

Kedua kata tersebut terdengar sangat mirip untuk diartikan, akan tetapi kedua kata tersebut memanglah berbeda dan memiliki arti yang berbeda. 

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan mebagikan tentang Efektif dan Efisien adalah : Pengertian, Contoh dan Perbedaan yang bisa kalian pahami.

 

Efektif dan Efisien adalah : Pengertian, Contoh dan Perbedaan

 

Efektif dan Efisien adalah : Pengertian, Contoh dan Perbedaan

Pengertian Efektif dan Efisien

Efektif

Pengertian dari kata Efektif adalah sebuah pengertian dari kata usaha untuk mendapatkan tujuan, dengan hasil dan target yang telah ditentukan, tanpa peduli adanya biaya yang dikeluarkan.


Efektif adalah pekerjaan yang selalu berhubungan dengan waktu dan perencanaan jadwal dan keputusan yang tepat.

Efisien

Pengertian dari kata Efisien adalah dimana seseorang harus menyelesaikan kegiatan atau pekerjaannya dengan cepat dan tepat waktu, tanpa banyak mengeluarkan banyak biaya dan tenaga.

Pekerjaan efisien adalah pekerjaan yang dimana dapat dilakukan dengan cara mengevaluasi dan dengan membuat pengeluaran dan masukan yang telah diterima.

Efisien juga dapat diartikan sebagai arti dalam melakukan cara atau pekerjaan terbaik dengan sumber daya yang diolah dengan cara bijak. Efisien memang sangat menguntungkan diantaranya hemat tenaga, hemat biaya dan waktu.

Perbedaan Efektif dan Efisien

  1. Efektif adalah pencapaian target atau pekerjaan dalam kurun waktu tertentu tanpa memperdulikan biaya dan tenaga yang sudah dikeluarkan. Sedangkan efisien adalah pencapaian target atau usaha dengan jumlah biaya yang sedikit untuk menghasilkan suatu pencapaian yang besar.

  2. Efektif merupakan hal atau pekerjaan  yang dapat dianggap berhasil jika tepat waktu dan sesuai yang diharapkan. Sedangkan efisien adalah suatu hal atau pekerjaan untuk menghasilkan segala sesuatu dengan waktu yang diinginkan.

  3. Efektif merupakan perencanaan hal yang bisa dilakukan dengan tepat waktu yang diinginkan oleh seseorang. Sedangkan efisien adalah kemampuan bekerja yang dapat menghasilkan hasil terbaik hanya dengan menggunakan waktu yang sangat sedikit, tenaga, biaya dan lain sebagainnya.

  4. Efektif merupakan perbandingan antara pengeluaran dan pemasukan dalam suatu aktivitas yang berada dalam pekerjaan, sehingga pekerjaan atau tujuan dapat tercapai dan terpenuhi dengan beberapa kualitas dan kuantitas dan waktu yang telah ditentukan. Sedangkan efisien adalah suatu kegiatan atau pekerjaan untuk meminimalisir waktu, tenaga dan biaya untuk  menghasilkan sesuatu.

  5. Efektif merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menghasilkan sesuatu sesuai dengan keinginannya karena sesuatu yang efektif, dan dapat menghasilkan sesuatu yang diinginkannya sesuai yang diharapkan. Sedangkan efisien adalah kemampuan seseorang untuk mendapatkan sesuatu dengan hasil yang memuaskan tapi tanpa mengeluarkan banyak waktu, biaya dan tenaga.

Contoh Efektif dan Efisien

Berikut adalah beberapa contoh untuk lebih memahami dari Efektif dan Efisien :


Rumah Reno terletak di provinsi Riau. Dia ingin pergi ke Palembang untuk liburan. Dalam hal ini, apakah Reno dapat pergi ke Palembang secara efektif sendirian? atau hanya cara yang efisien? atau secara efektif dan efisien?

  • Jika Reno melakukan penerbangan ke Palembang, membutuhkan biaya tiket sebesar Rp. 1.200.000 dalam waktu 30 menit. Reno kemudian pergi dengan efektif, tetapi tidak efisien, karena reno harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk menempuh perjalanan tersebut.

  • Jika Reno pergi ke Palembang dengan menggunakan bus. Dia akan dikenakan biaya Rp. 200.000 dalam waktu 4 jam, untuk melakukan perjalanan tersebut efisien tapi kurang efektif karena memakan waktu yang lama.

  • Reno dapat melakukan perjalanan dengan cara yang efektif dan efisien, reno dapat melakukan perjalanannya dalam waktu singkat dan biaya yang sangat murah. Misal seperti menaiki kereta api atau alternatif lainnya untuk menempuh perjalanan yang singkat dan biaya yang murah.

Demikianlah penjelasan tentang Efektif dan Efisien adalah : Pengertian, Contoh dan Perbedaan semoga artikel di atas bermanfaat.

No comments for "Efektif dan Efisien adalah : Pengertian, Contoh dan Perbedaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel