Cara Menghitung Persen dengan Mudah Beserta Contohnya

TAMBANGILMU.COM - Cara penghitungan  persen atau persentase adalah dengan menggunakan rumus berikut: persentase (%) = (jumlah bagian) / (total) X 100%, dengan menggunakan rumus di atas, Anda juga dapat mengubah bentuk pecahan menjadi persentase. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan Cara Menghitung Persen dengan Mudah Beserta Contohnya yang bisa kalian pahami.

cara-menghitung-persen-dengan-mudah-beserta-contohnya

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan simbol "%" atau yang disebut juga persentase. Dimana , persentase adalah angka yang digunakan untuk mendeskripsikan bagian dari total sebuah barang atau nila.

Biasanya di tempat-tempat umum seperti poster diskon, data produk, data kependudukan, dll, biasanya bisa dicari persentasenya.

Selain itu, persentase sering juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti membayar pajak dan tunjangan gaji. Oleh karena itu, setidaknya kita harus memahami bagaimana cara menghitung persentase dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Persentase

Sebelum menghitung persentasenya, kita perlu mengetahui dulu apa itu pesentase. Persentase pada dasarnya adalah suatu bentuk angka yang menggambarkan seberapa banyak dari total data tersebut.

Rasio yang digunakan dalam persentase adalah perseratus atau %. Misalnya di sebuah desa, 67% penduduknya adalah laki-laki, artinya 67 dari 100 penduduk desa adalah laki-laki. Ini juga berlaku untuk diskon supermarket atau pajak.

Cara Menghitung Persen

Pada dasarnya persen atau persentase adalah penyederhanaan penghitungan pecahan. Singkatnya, persentasenya dapat dihitung dengan cara berikut:

Persentase (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) X 100%

Rumus di atas merupakan rumus umum yang digunakan untuk menghitung persentase dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan rumus di atas, Anda juga dapat mengubah pecahan menjadi persentase.

Misalnya, hitung berapa persenkah roti yang bisa Anda peroleh saat dipotong menjadi dua?

Ingat bahwa

Persentase = bagian / total x 100%, jadi jika roti dipotong menjadi 1/2 maka cara menghitung persentasenya adalah:

1/2 x 100 % = 50%

Oleh karena itu, roti yang dapat diambil 50% dari total keseluruhan roti.

Selain itu, rumus di atas juga dapat digunakan untuk menghitung total dengan melihat keseluruhan data dan persentase. Rumus perhitungannya adalah:

Jumlah = Persentase x Jumlah total

Misalnya, jumlah penduduk sebuah kota adalah 1.000 orang. Setelah diselidiki, ternyata 27% penduduknya adalah pendatang. Jika kita menghitung berapa banyak pendatang yang ada di suatu kota, kita dapat menggunakan rumus di atas.

  • Jumlah = 27% x 1000 = 27/100 * 1000 = 270

Oleh karena itu, 270 orang di kota ini adalah pendatang.

Demikianlah penjelasan Cara Menghitung Persen dengan Mudah Beserta Contohnya semoga artikel di atas bermanfaat.

No comments for "Cara Menghitung Persen dengan Mudah Beserta Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel