Cara Menggunakan dan Membaca Mikrometer Sekrup

TAMBANGILMU.COM - Mikrometer sekrup adalah alat digunakan untuk mengukur  sekrup kalibrasi dengan akurasi 0,01 mm (10-5 m). Alat ini pertama kali ditemukan oleh Willaim Gascoigne pada abad ke-17 karena membutuhkan alat yang lebih presisi daripada jangka sorong. Penggunaan pertamanya adalah untuk mengukur jarak sudut antara bintang dan ukuran benda luar angkasa melalui teleskop. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan Cara Membaca dan Menggunakan Mikrometer Sekrup yang bisa kalian pahami.

cara-menggunakan-dan-membaca-mikrometer-sekrup
 

Meskipun mengandung kata "mikro", alat tersebut tidak cocok untuk menghitung benda dalam skala mikrometer. Kata “mikro” pada alat ini diambil dari kata Yunani micros yang artinya “kecil”, bukan mikroskopis (artinya 10-6).

Bagian-bagian Mikrometer Sekrup


Sumber : wikipedia.org



  • Poros Tetap (Anvil)

Bagian poros yang tidak bergerak. Benda yang ingin diukur dilekatkan pada bagian ini, dan poros geser ditarik lebih dekat untuk menjepit benda tersebut.

  • Poros Geser (Spindle)

Poros yang dapat digerakkan dalam bentuk anggota silinder, yang digerakkan oleh selongsong (thimbel).

  • Pengunci (Lock Nut)

Ini dapat digunakan untuk mengunci bagian yang bergerak dari sumbu geser.

  • Sleeve

Bagian statis adalah lingkaran tempat pengukuran rentang dicatat. Ada dua skala, skala utama dan skala non-skala.

  • Thimble

Bagian yang bisa digerakan oleh tangan pengguna.

  • Ratchet

Bagian yang membantu menggeser poros dengan bergerak lebih lambat dari menggerakan thimble.

  • Rangka Frame

Bagian berbentuk C yang memperbaiki poros tetap dan bagian lain dengan mikrometer sekrup. Ketebalan rangka sekrup mikrometer membuatnya kuat dan mencegah objek pengukuran bergerak, membesar, atau berubah bentuk.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Prinsip kerja mikrometer sekrup adalah dengan menggunakan sekrup untuk memperbesar jarak yang terlalu kecil untuk diukur langsung, dan ini merupakan putaran dari sekrup lain yang lebih besar dan dapat dilihat pada skala.

Cara penggunaan mikrometer sekrup adalah:

  1. Objek yang akan diukur ditempatkan pada bagian poros tetap. 
  2. Setelah itu putar bagian thimble hingga benda tersebut dijepit oleh poros tetap (fixed shaft) dan poros geser (sliding shaft).
  3. Dengan menggerakkan poros geser secara perlahan, komponen ratchet dapat diputar untuk perhitungan yang lebih akurat.
  4. Setelah dipastikan bahwa objek benar-benar terjepit di antara dua poros, hasil pengukuran dapat dibaca pada skala utama dan skala nonius.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

membaca-mikrometer-sekrup

Sumber : miniphysics.com

 

Pembacaan mikrometer sekrup terbagi menjadi dua bagian yaitu pada skala utama dan pada skala nonius atau vernier. Skala utama dapat dibaca di sleeve, dan skala nonius dapat dibaca di thimble.

Pada contoh pengukuran di atas, cara membaca mikrometer sekrup adalah:

  • Untuk skala utama, Anda dapat melihat bahwa posisi thimble melintasi "5" di atas, dan garis horizontal melintasi 1 di bawah. 0,5 mm Artinya, pada bagian ini didapatkan hasil pengukuran 5 + 0,5 mm = 5,5 mm. Itu juga dapat diukur sebagai jarak 0,5 mm per strip. Karena 5 memotong garis horizontal dan 6 memotong garis horizontal, jarak totalnya adalah (5 + 6) x 0.5mm = 5.5mm
  • Pada bagian kedua, Anda dapat melihat bahwa garis horizontal pada skala utama sama dengan angka 28 pada skala nonius. Dengan kata lain, pada skala nonius, panjang ekstra 0,28mm dapat diperoleh
  • Oleh karena itu, hasil akhir pengukuran mikrometer ulir pada contoh ini adalah 5,5 + 0,28 = 5,78 mm. Akurasi hasil ini adalah 0,01 mm.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup ini biasanya digunakan untuk mengukur diameter atau ketebalan benda yang lebih kecil. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, akurasi alat ini 10 kali lipat dari jangka sorong, sehingga mampu mengukur benda yang lebih kecil dengan akurasi 0,01 mm. 

Penggunaan alat ini untuk mengukur panjang suatu benda jarang digunakan, karena panjang suatu benda biasanya dapat diukur dengan baik pada tingkat ketelitian 1 mm dan 0,1 mm, dimana masing-masing tingkat ketelitian dimiliki oleh penggaris dan jangka sorong.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Menggunakan dan Membaca Mikrometer Sekrup semoga artikel di atas bermanfaat.

Refrensi atau Sumber :

No comments for "Cara Menggunakan dan Membaca Mikrometer Sekrup"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel