Pengertian tentang Telekomunikasi Lengkap

 TAMBANGILMU.COM - Telekomunikasi adalah suatu teknik penyampaian atau pengiriman suatu informasi, dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dalam kaitannya “Telekomunikasi” merupakan bentuk komunikasi yang berjarak jauh telekomunikasi tersebut dapat dibedakan dalam tiga jenis. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan Pengertian tentang Telekomunikasi Lengkap.

 


Komunikasi Satu Arah (Simplex) 

Pada Komunikasi satu arah (Simplex) penerima dan pengirim tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan pada media yang sama. Contoh : Pager, Televisi, dan Radio.

Komunikasi Dua Arah (Duplex) 

Pada Komunikasi dua arah (Duplex) penerima dan pengirim tidak dapat menjalin komunikasi berkesinambungan pada media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.

 Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex) 

Pada komunikasi semi dua arah tersebut (Half Duplex) penerima dan pengirim dapat berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh : Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

Jaringan Telekomunikasi adalah sebuah perangkat yang dapat menghubungkan pemaikainnya dengan pemakai lain, sehingga kedua pengguna tersebut akan bisa saling bertukar informasi dengan cara : bicara, menulis, menggambar, dan melukis pada saat itu juga.

Jaringan Telekomunikasi terdiri dari tiga bagian utama yakni : 

  • Perangkat Transmisi

Perangkat Transmisi adalah perangkat yang dapat bertugas untuk menyampaikan suatu informasi dari satu tempat ke tempat lain baik dekat maupun jauh. Untuk media transimisinya dapat berupa kabel serat optik, dan udara tergantung jarak dan tempat yang dihubungkan dan seberapa banyak tempat yang dihubungkan. 

  • Perangkat Penyambung (Switching)

Perangkat penyambung dapat bertugas untuk pemakai yang ingin menghubungi pemakai lain sesuai yang diinginkannya.

Perangkat penyambungan masih menggunakan sistem manual bila diperlukan seorang operator yang bertugas untuk menyambungkan pemakai satu dengan pemakai lainnya yang diinginkannya.

  • Terminal

Terminal adalah suatu peralatan yang dapat mengubah sinyal infromasi asli (suara manusia dan lainnya) menjadi sinyal elektrik dan elektromagnetik atau cahaya.

Hal ini dapat diperlukan karena perangkat transmisi tersebut mampu menyampaikan suatu informasi dari satu tempat menuju tempat lainnya yang pada umumnya tidak berjarak dekat dan waktu yang relatif singkat, memang mempresyaratkan agar sinyal dapat diubah menjadi sinyal listrik (melalui kabel) atau menjadi sinyal elektromagnetik (melalui udara) atau menjadi sinyal cahaya (melalui serat optik).

Media dan perangkat transmisi adalah sebagai penghubung antara perangkat penyambungna dan terminal disebut juga sebagai JARLOKAT (Jaringan Lokal Akses Tembaga). Pada sistem analog, pada jaringan lokal biasanya akan menyediakan transmisi kanal telpon analog 4kHz untuk setiap saluran pelanggan. Untuk ISDN, biasanya akan berupa kabel serat optik. Media dan perangkat transmisi sebagai penghubung antara perangkat penyambungan di tempat lain disebut juga sebagai jaringan penghubung dan jaringan interlokal. Untuk jaringan penghubung biasanya berupa jaringan radio gelombang mikro, komunikasi satelit atau kabel serat optik.

Untuk perangkat penyambungan biasa juga disebut dengan Sentral, karena jenis komunikasi yang paling awal yang dilayani sentral adalah komunikasi telepon maka selanjutnya kita sebut juga sebagai Sentral Telepon.

Topologi Jaringan 

Topologi jaringan secara fisik dapat dibagi menjadi empat secara umum, yakni :

1. Jaringan Mata Jala
2. Jaringan Bintang
3. Jaringan Bus
4. Jaringan Ring

Demikian penjelasan Pengertian tentang Telekomunikasi Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca Juga :

No comments for "Pengertian tentang Telekomunikasi Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel