Pengertian Hibernasi, Jenis dan Fungsinya Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Hibernasi maupun rahat ialah kondisi ketakaktifan dan penyusutan metabolisme pada hewan yang ditandai dengan temperatur tubuh yang lebih rendah, pernapasan yang lebih lama- lama, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admi tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Hibernasi, Jenis dan Fungsinya Lengkap yang bisa kalian pahami.

Hewan yang melakukan hibernasi berupaya menghemat tenaga, sangat utama sejauh masa dingin sewaktu terjalin kelangkaan santapan, membakar cadangan tenaga, lemak tubuh, dengan lama- lama. Hibernasi dapat terjalin sejauh sebagian hari maupun minggu, tergantung dari spesies, temperatur dekat, dan waktu. Hewan yang terkenal suka melakukan hibernasi ialah Beruang.

Hibernasi sering berhubungan dengan temperatur rendah, tetapi guna hibernasi ialah buat menghemat tenaga sejauh periode kala tidak terdapat santapan yang cukup. Buat mencapai penghematan tenaga ini, proses endoterma hendak merendahkan tingkatan metabolisme terlebih dahulu, yang sehabis itu menghasilkan penyusutan temperatur tubuh.

Hibernasi bisa berlangsung sebagian hari, minggu, maupun bulan tergantung pada spesies, temperatur zona, waktu tahun, dan kondisi tubuh orang.

Dikala saat sebelum memasuki masa hibernasi, seekor hewan harus memasok tenaga biar mampu bertahan sejauh masa dingin. Spesies yang berukuran lebih besar jadi hiperfagia dan makan dalam jumlah yang besar dan menyimpan tenaga dalam timbunan lemak.

Pada banyak spesies yang berukuran kecil hendak menimbun santapan pada tempat persembunyiannya[3]. Sebagian spesies mamalia hibernasi namun pada disaat yang sama lagi berbadan 2 muda, baik yang lahir disaat induk berhibernasi maupun lekas sesudahnya.

 


Jenis - jenis Hibernasi 

Hewan Hibernasi

  • Primata

Disaat berhibernasi telah lama dipelajari pada hewan pengerat yang bernama tupai tanah. Belum ada mamalia primata maupun tropis dikenal hibernasi. Hingga akhirnya ditemui jika lemur kerdil Madagaskar yang berhibernasi di lubang tanaman sejauh 7 bulan dalam satu tahun.

Temperatur dimusim dingin di Malagasy terkadang mencapai lebih dari 30°C ( 86°F), sehingga, hibernasi bukanlah membiasakan diri yang istimewa terhadap temperatur zona yang rendah.

Hibernasi dari lemur ini sangat tergantung pada kondisi termal lubang tanaman: apabila lubang tertutup dengan kurang baik, temperatur tubuh lemur berfluktuasi secara luas dan secara pasif menjajaki temperatur zona; apabila tertutup dengan baik, temperatur tubuh tetap cukup konstan dan hewan hadapi stimulasi normal.

Dausmann menghasilkan jika hypermetabolisme disaat hewan berhibernasi tidak tetap diiringi dengan temperatur tubuh rendah.

  • Beruang

Apakah kaya itu betul- adil berhibernasi bersisa semasa-masa jadi polemik telah alamat sejumlah dekade, sebab Kaya (pada waktu dingin) cuma sebentar hadapi demosi suhu pada inti badan dibanding dengan hewan yang lebih Anom. Apapun definisi hibernasi, namun tidaklah strata penyusutan Suhu, namun pengistimewaan metabolik. 

Kaya berumur dapat, namun skala metabolisme yang lebih rendah buat dekat 75% di dasar parameter metabolisme basal, yang mengatakan seumpama kaya berhibernasi. Memanglah, beberapa besar kaya di belahan bumi utara tidak hendak makan walakin minum sepanjang 8 Hari, serta cuma mengandalkan persediaan lemak badan ditaruh buat jalan serta air.

Meskipun diyakini bahwa hibernasi beruang sangat berbeda dari hibernasi hewan pengerat dan hibernasi primata, dan melibatkan penghambatan metabolisme suhu secara independen, karena penurunan sederhana pada suhu inti tidak menjelaskan penurunan substansial dalam laju metabolisme, pandangan ini tidak Pertimbangkan pengaruh reaksi metabolik yang mungkin terjadi melalui vasokonstriksi. Darah atau vasokonstriksi ekstensif.

Mereka dapat memulihkan protein dan urin, membuat mereka buang air kecil selama beberapa bulan, dan dapat menghentikan atrofi otot [8] [9].

  • Burung

Secara historis, Plinius percaya bahwa burung layang-layang juga akan berhibernasi, dan seorang ahli Ornitologi bernama Gilbert White menceritakan fakta-fakta dalam "Sejarah Alam Selborn", yang membuktikan Banyak. Burung biasanya tidak hibernasi. Dengan satu pengecualian yang dikenal kalau burung common poorwill. 

 Hibernasi Manusia 

Bradford dan rekan dari SpaceWorks Enterprises dan NASA melaporkan bahwa mereka telah berhasil menyebabkan keadaan hibernasi ringan (Hipometabolik) pada manusia selama 14 hari melalui prosedur hipotermia terapeutik.

Dengan cara ini, suhu tubuh manusia diturunkan hingga mendekati suhu beku air, sehingga memperlambat penggunaan sel dan otak. Berdasarkan hasil percobaan tersebut, tidak ada bukti bahwa hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada tubuh pasien, sehingga tata cara tersebut dinilai sangat nyaman bagi tubuh manusia.

Zhang dan rekannya tidak hanya menemukan terapi hipotermia pada tahun 2006, tetapi juga menemukan 5'-adenosine monophosphate (5'-AMP), yang membuka lebih banyak kesempatan untuk hibernasi manusia.

Telah dilaporkan bahwa injeksi molekul 5′-AMP pada mencit dapat menstimulasi fase hipometabolik yang parah, di mana keadaan metabolik mencit ini berkurang hingga <10%. Molekul 5′-AMP dapat mengurangi afinitas sel darah merah untuk mengikat oksigen dan menghambat proses respirasi sel (glikolisis), yang mengarah ke keadaan hibernasi.

Bahkan ada gen yang berfungsi sebagai hibernasi dalam tubuh manusia, misalnya gen pengkode protein UCP (mitochondrial uncoupling protein) yang sebenarnya dimiliki oleh manusia. Gen tersebut berperan dalam proses hibernasi tupai.

Fungsi Lain Hibernasi 

Tidak hanya untuk keperluan penjelajahan luar angkasa, hibernasi manusia juga akan sangat berguna dalam bidang kesehatan kedepannya. Hibernasi dapat mengurangi kemungkinan kerusakan organ pada penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, dan hipoksia.

Aspek lain terkait dengan teknologi kriogenik - dimana badan penderita penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan saat ini akan disimpan selama beberapa tahun dan dipulihkan bila teknologi medis yang diperlukan telah tersedia.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Hibernasi, Jenis dan Fungsinya Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca Juga :

No comments for "Pengertian Hibernasi, Jenis dan Fungsinya Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel