Pengertian Gelombang Radio dan Manfaat Lengkap

TAMBANGILMU.COM -  Gelombang radio memiliki bentuk tak terlihat dari radiasi elektromagnetik (EMR) gelombang yang memiliki variasi panjang sekitar 0,04 inci (1 milimeter) sampai lebih dari 62.000 mil (100.000 km), menjadikannya salah satu rentang tluas dalam spektrum elektromagnetik. Radio adalah istilah untuk mencakup semua bentuk (EMR) atau elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih dari 0,04 inci atau 1 milimeter dan frekuensi di bawah 300 GHz. Hal ini dikarenakan oleh muatan listrik, yang dihasilkan olee arus listrik atau dari gerak acak atom dan molekul. Bentuk (EMR) berperan penting untuk komunikasi manusia, dan digunakan untuk televisi, ponsel, radio dan mobile serta radar dan astronomi. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Gelombang Radio dan Manfaat Lengkap yang bisa kalian pahami.



Pengertian Gelombang Radio di Produksi 

Semua radiasi elektromagnetik dapat dianggap sebagai gelombang yang berombak melalui medak elektromagnetik. Mereka diproduksi ketika partikel berumuatan listrik, biasanya elektron, berubah kecepatan atau arah gerak.

Hal ini dapat terjadi dalam beberapa cara, seperti dari pemanasan atom dan molekul, dan peribahan energi elektron, gelombang yang dihasilkan oleh pemancar radio hasil dari aliran arus listrik.

Panjang gelombang dan Frekuensi tergantung pada jumlah energi yang terlibat, dengan frekuensi yang lebih tinggi dan panjang gelombang yang lebih pendek menunjukan energi yang lebih tinggi. Jika perubahan energi relatif kecil, maka gelombang radio dapat di produksi.

Manfaat Gelombang Radio 

Penggunakan dari gelombang radio paling sering digunakan adalah untuk mengirim foto, audio, dan teks dalam bentuk sinyal, gelombang pangjang radio memungkinkan untuk menghindari semua rintangan saat proses perjalanan jauh, seperti cahaya tampak dan radiasi frekuensi yang lebih tinggi lainnya.

Panjang gelombang radio kurang dari 10 meter diserap oleh atmosfer. Gelombang yang lebih panjang biasanya akan memantulkan boal balik antara ionosfer dan tanah, sehingga membuat ideal untuk transmisi radio di atas cakrawala. Frekuensi terendah yang pernah digunakan untuk komunikasi dengan kapal selam, karena energi yang rendah dan daya tembus yang tinggi. Frekeunsi yang lebih rendah ini dianggap memiliki lebih besar "bass", yang berarti mereka bisa menembus lebih jauh terutama melalui media tebal seperti air.

Untuk mengirimkan informasi melalui gelombang radio, biasanya harus dikodekan dengan beberapa cara. Ada dua cara atau metode utama untuk mengirimkan informasi melalui gelombang radio, yang dikenal sebagai modulasi amplitudo (AM) dan modulasi frekuensi (FM). Untuk metode AM dikodekan sebagai memvariasikan ampiltudo atau tinggi gelombang, sedangkan pada metode FM melibatkan pada perubahan frekuensi untuk membawa data. Pada pola - pola yang berbeda atau amplitudo frekuensi yang diterjemahkan dimana mereka diterima untuk memproduksi informasi yang asli, seperti gambar, suara dan teks, Jadi untuk mengirimkan suatu informasi yang kompleks dapat ditransmisikan menjadi jarak jauh dengan mudah.

Efek Kesehatan Radio 

Untuk kekhawatiran telah dikemukakan tentang efek pada kesehatan paparan gelombang radio, terutama dikisaran gelombang mikro, yang digunakan oleh ponsel dan radar. Radiasi frekuensi radio yang diserap oleh tubuh dapat menyebabkan pemanasan. 

Efek kesehatan yang di timbulkan pada lensa mata akan sangat rentan terhadap kerusakan akibat pemanasan, dan paparan berlebihan terhadaa radiasi gelombang mikro berpotensi menyebabkan katarak. Kekhawatiran juga di dapat tentang efek jangka panjang terlalu seringnya penggunaan ponsel, karena pada tahun 2013 studi klinis telah meyakinkan.

Demikian penjelasan tentang Pertian Gelombang Radio dan Manfaat Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca Juga :
Pengertian Gelombang Radio dan Manfaat Lengkap Pengertian Gelombang Radio dan Manfaat Lengkap Reviewed by tambangilmu.com on 9:30:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.