Pengertian Tentang Tegangan Listrik dan Rumusnya Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Pengertian dari tegangan listrik adalah arus listrik yang beda potensial antara dua titik dan diukur dalam satuan volt. Jika arus mengalir, maka tengangan tidak akan mengalir. Jadi tegangan timbul akibat dari arus yang mengalir dan ditahan oleh suatu resistansi dalam suatu rangkaian. semakin deras arus yang di timbulkan maka akan semakin kuat, seperti pipa air yang di aliri air. Satuan tengangan pada listrik disebut dengan Volt. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Tentang Tegangan Listrik dan Rumusnya Lengkap yang bisa kalian pahami.




Besar dari Tengangan Listrik 

Pada listrik sendiri yaitu memiliki dua titik energi positif dan negatif, pada perbedaan muatan tersebut akan menimbulkan gaya tarik menarik. Jadi, jika perbedaan semakin besar maka akan semakin besar juga gaya yang dihasilkan.

Besaran pada tengangan listrik disebut dengan Volt, dan berikut adalah beberapa contoh tegangan listrik, generator listrik, sollar cell, batu baterai dan akumulator. Pada ilmu elektronika tergangan listrik terbagi menjadi dua yaitu.

                                            rumus arus listrik dan tegangan listrik
  • Direct Current 
Direct Current merupakan aliran arus listrik yang searah, aliran pada direct current merupakan aliran dari sisi ujung positif ke negatif. Akhir - akhir ini para ahli juga telah meneliti arus listrik yang mengalir dari ujung negatif ke ujung positif.

  • Alternating Current 
Alternating Current merupakan arus listrik yang alirannya dapat berubah - ubah, pada arus listrik ini biasanya akan membentuk sebuah gelombang yang disebut dengan Sinusoida. Biasanya aliran listrik seperti ini dibawah naungan PLN.

  • Fungsi Tegangan Listrik
Fungsi dari tegangan listrik sendiri adalah sebagai Power (kekuatan), dalam rangkaian elektronika sendiri di butuhkan yang namannya penggerak yang memerlukan kekuatan. Nantinya akan menghasilkan sebuah tegangan listrik yang disebut juga sebagai penyuplai tenaga atau Power Supply.

  • Rumus Tegangan Listrik
Ada beberapa rumus yang bisa kalian gunakan untuk mengukur atau menghitung besarnnya tegangan listrik tersebut :

1.Rumus Tegangan Aliran Listrik Kuat

V = I x R

V = Tegangan Listrik
I = Kuat Arus Listrik
R = Hambatan Listrik

2. Rumus Tegangan Aliran Daya Listrik

V = P / I

V = Tegangan Listrik
P = Daya Listrik
I =  Kuat Arus Listrik


Perbedaan Tegangan pada Listrik dan Arus Listrik 

  • Tegangan Pada Listrik 
Tegangan pada listrik memiliki satuan unit Voltase dengan lambang V, 1 Volt sama dengan 1 Joule ini merupakan perbedaan tegangan potensial yang terdapat pada dua titik listrik dengan fungsi untuk memindahkan arus listrik dari titik satu ke titik lainnya.

Bidang yang telah dihasilkan dari tegangan ini adalah eletrostatik, dalam rangkaian pada seri tegangan ini sendiri di distribusikan terhadap komponen secara seri dan dalam rangkaian pararel tegangan pada listrik yang di distribusikan di semua komponen.

  • Arus Listrik
Arus Listrik sendiri memiliki satuan unit Ampere dengan simbol I, 1 Ampere sama dengan 1 Coloumb. Arus listrik merupakan sebuah muayan listrik yang mengalir. Arus listrik sendiri tidak dapat mengalir jika tidak memiliki tegangan aliran listrik dan bidangnya yang di hasiln dari arus listrik adalah bidang magnet.

Adapaun persamaan antara kedua arus listrik dan tegangan aliran listrik adalah dua bilangan fundamental dalam listrik. Tengangan ini juga merupakan penggerak dari arus listrik, maka dari itu keduanya sangat penting dan saling melengkapi jidak tidak ada tegangan makan arus listrik tidak akan dapat mengalir sebagai mana mestinya.


Demikian penjalasan Pengertian Tentang Tegangan Listrik dan Rumusnya Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.

Pengertian Tentang Tegangan Listrik dan Rumusnya Lengkap Pengertian Tentang Tegangan Listrik dan Rumusnya Lengkap Reviewed by tambangilmu.com on 1:48:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.