Pengertian Jenis Sifat - Sifat Air Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Air adalah suatu zat esensial bagi kehidupan, dengan rumus kimia H2O air adalah bedan yang tidak berwarna, berbau dan tidak memiliki rasa air juga diperlukan oleh semua makhluk hidup yang ada di bumi untuk bertahan hidup.
Setiap molekul air dengan rumus kimia H2O berarti memiliki kadungan 2 atom Hidrogen dan Okseigen.
Hubungan antara elektron - elektron yang terjadi membentuk bagian luar atom dan merupakan rantai kuat yang dinamakan kovalen. Molekur air juga dapat diuraikan menjadi unsur dasar dengan mengalirkan arus listrik. Pada proses ini dikenal juga sebagai elektrolisis, yaitu penguraian dua atom hidrogen penerima elektron dan membentuk gas H2 pada katoda, empat ion OH sementara itu tergabung dan membentuk menjadi gas O2 (oksigen) pada anoda. buih dan busa dikumpulkan . Air merupakan pelarut paling universal, karena disebabkan oleh molekul air yang terdiri dari dua atom hidrogen dan tergabung menjadi satu. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Jenis Sifat - Sifat Air Lengkap yang bisa kalian pahami.



  • Air Menempati Ruang 
Air memiliki sifat menempati ruang, contohnnya seperti air yang dituang ke dalam botol makan air itu akan menempati ruang dalam botol sehingga bentuknya akan seperti botol, dan begitu juga air yang dituang ke dalam gelas makan air itu akan menempati ruang dari gelas tersebut dan terbentuk seperti gelas.

  • Air Mempunyai Berat 
Air juga memiliki sifat berat, bila sebuah ember kosong diisi hingga penuh maka ember tersebut akan terasa berat dan benda kosong jika di isi air akan memiliki berat.

  • Permukaan Air yang Tenang selalu Datar 
Air yang tenang memiliki sifat datar pada permukaanya, contoh seperti air yang dalam ember, gelas, botol dan benda - benda lainnya bila diamati permukaan ait tersebut akan selalu datar. Sifat air yang selalu datar ini digunakan oleh tukang bagunan sebagai dasar pengukuran pemasangan ubin atau tembok batu bata agar tidak miring dengan alat yang bernama waterpass.

  • Air Mengalir dari Tempat Tinggi ke Tempat Rendah 
Air juga memiliki sifat air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, seperti air sungai yang mengalir dari pegunungan atau air hujang yang turun dari atas ke bawah. begitu juga air yang dituangkan ke permukaan papan akan bergerak ke bawah dan meunju tanah karena air memiliki sifat mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

  • Air Melarutkan Beberapa Zat 
Seperti yang disebutkan di atas, air memiliki sifat yang dapat melarutkan beberapa zat, contoh seperti gula yang dimasukan ke dalam air maka butiran gula akan menjadi hilang, hilangnya gula tersebut karena larut dalam air. Gula yang dimasukan ke dalam air maka akan hilang karena air memiliki sifat untuk melarutkan beberapa zat.

  • Air Menekan ke Segala Arah 
Air memiliki sifat menekan ke segala arah. apabila kita tusur kantong plastik yang diisi dengan air maka air tersebut akan keluar, karena pada dasarnnya air memiliki sifat menekan ke segala arah. Jadi air tersebut akan di menekan ke segela arah dan terus keluar.

  • Air Meresap ke Celah yang Lebih Kecil 
Air memiliki sifat meresap ke celah - celah yang lebih kecil, contoh seperti air hujan yang turun dari langit dan menggenangi permukaan tanah lama kelamaan air tersebut akan menjadi habis karena air tersebut meresap melalui celah - celah kecil pada tanah. Contoh lain seperti pada kompor minyak yang dimana sumbu kompor akan di isi minyak tanah dan akan meresap ke bagian celah -  celah pada sumbu kompor tersebut sehingga bagian sumbu kompor di atas dapat dinyalakan.

  • Air dapat Berubah Wujud 
Air juga memiliki sifat perubahan wujud, contohnnya seperti air yang dimasukan ke dalam kantong plastik lalu dimasukan ke dalam kulkas atau pendingnin dengan kurun waktu yang lama, maka wujud cari tersebut akan menjadi pada.

Ada beberapa perubahan wujud benda yaitu : 
  1. Pencarian/mencari yaitu perubahan wujud dari pada menjadi cair.
  2. Pengembunan yaitu perubahan dari gas menjadi cair.
  3. Penyumbliman yaitu perubahan wujud dari pada menjadi gas.
Demikian penjelasan tentang Pengertian Jensis Sifat - Sifat Air Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.

Pengertian Jenis Sifat - Sifat Air Lengkap Pengertian Jenis Sifat - Sifat Air Lengkap Reviewed by tambangilmu.com on 11:22:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.