Komponen Utama dalam Pemasangan Panel Surya

TAMBANGILMU.COM - Saat ini ada alternatif terbaik sebagai sumber energi listrik yaitu panel surya. Biasanya, sumber listrik utama pada rumah adalah PLN. Namun, Anda bisa menggunakan dua sumber energi listrik dengan solar panel sebagai cadangan. Untuk pasang solar panel pada rumah membutuhkan komponen utama yang harus diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Komponen Utama dalam Pemasangan Panel Surya yang bisa kalian pahami.


Komponen Utama Solar Panel 

1. Panel Surya
Komponen utama yaitu panel surya sesuai jumlah kebutuhan. Untuk memasangnya, membutuhkan dudukan sel surya. Dudukan tersebut berfungsi untuk menyimpan panas dari matahari. Penempatan dudukan ini harus sesuai agar panas yang diterima maksimal. Panel surya harus berhadapan langsung dengan matahari. Jika posisi dudukan tidak tepat, atur ulang posisi dudukan panel surya tersebut.

Dudukan ini terbuat dari plat besi atau logam dengan tekstur yang kuat dan keras. Jika terjadi goncangan atau angin kencang, alat ini tidak berpindah posisi atau bahkan hilang. Sehingga kekuatan ikatan dudukan dengan panel surya harus benar-benar kuat.

2. Solar Charge  Controller 

Komponen selanjutnya adalah Solar Charge Controller. Alat ini berfungsi untuk memindahkan energi listrik dari panel ke baterai yang selanjutnya diteruskan ke lampu atau alat elektronik lainya. Pada pemasangannya membutuhkan dua kabel listrik sebagai penghubung Solar Charge Controller ini.

Kabel tersebut dihubungkan pada baterai atau aki dan inverter. Kabel yang digunakan harus mempunyai kapasitas yang sesuai dengan arus listrik pada aki, SCC dan inverter tersebut agar kabel tidak terbakar. Menurut standar PUIL, Untuk arus listrik sebesar 10 Ampere, kabel yang dibutuhkan harus berukuran 2.5 mm2.

3. Baterai Aki 

Baterai berfungsi untuk menyimpan energi atau muatan listrik untuk berbagai kebutuhan. Baterai yang digunakan harus mempunyai kapasitas besar karena muatan yang disimpan besar pula. Biasanya baterai atau aki yang digunakan adalah aki basah agar dapat berfungsi sepanjang malam.

4. Inverter 

Inverter termasuk komponen utama yang harus diperhatikan. Alat ini berfungsi untuk mengubah arus listrik pada baterai yang dihasilkan oleh sel surya. Arus tersebut akan diubah dari arus searah atau DC menjadi arus bolak balik atau AC. Sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan listrik rumah.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik harian Anda, Sewatama selalu siap memberikan solusi kelistrikan terbaik untuk Anda. Anda bisa menggunakan jasa layanan Sewatama dengan mengunjungi website resmi https://sewatama.com/id/. Pada website tersebut Anda bisa melihat berbagai kelebihan, produk unggulan, hingga review pelanggan.

Demikian penjelasan Komponen Utama dalam Pemasangan Panel Surya semoga artikel di atas bermanfaat.
Komponen Utama dalam Pemasangan Panel Surya Komponen Utama dalam Pemasangan Panel Surya Reviewed by tambangilmu.com on 12:29:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.