Perbedaan tentang Astronomi, Astrofisika, Astrologi dan Kosmologi Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Bagi sebgaian orang yang baru kenal dengan dunia Astronomi, Mungkin bakal sedikit betanya-tanya tentang Astrofisika, Astrologi dan Komologi. Kalau Astronomi mungkin semua orang pasti sudah ada yang tahu. Jadi, apa perbedaannya dengan ketiga ilmu tersebut dengan yang lainnya tadi. Jika kalian menganggap ketiga ilmu sama kalian salah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Perbedaan tentang Astronomi, Astrofisika, Astrologi dan Kosmologi Lengkap yang bisa kalian pahami.


 
Astronomi dan Asofisika 

Sedikit penjelasan soal Astronomi. Astronomi merupakan cabang dari sains yang meneliti semua benda planet atau benda luar angkasa lainnya contoh seperti planet, bintang, komet, galaksi dan benda-benda luar angkasa lainnya serta fenomena alam yang terjadi di luar angkasa.

Secara umum Astronomi adalah mempelajari tentang sifat, gerak, asal-usul, berdasarkan ilmu pengetahuan terutama ilmu fisika. Dari beberapa orang juga mengaitkan dengan Astofisika. Secara spesifik Astrofisika bisa didefiniskan sebagai ilmu yang mempelajari tentang sifat fisik, dari tingkah laku serta proses dinamis benda-benda di luar angkasa, sesuai dengan hukum fisika yang berlaku secara universal. 

Sederharanya adalah, jika Astronomi untuk mempelajari benda-benda luar angkasa, untuk Astrofisika sendiri lebih ke memahami benda-benda langit dan letak kita di alam semesta, dengan milyaran planet, bintang-bintang dan galaksi.


Kosmologi 

Kosmologi sendiri tidak jauh benda dengan Astronomi, Kosmologi merupakan salah satu percabangan dengan ilmu Astronomi. Kosmologi adalah ilmu yang lebih mengarah ke asal mula terbentukannya alam semesta, evolusi dan akhir dari alam semesta. Kosmologi juga menguak misteri-misteri besar seperti terbentuknnya alam semstaa, planet, bintang, galaksi dan semua benda atau objek pada luar angkasa. Kosmologi juga mencakup penmuan-penemuan besar seperti teori ledakan dahsyat seperti (BigBang), Dark Energy, Microwave Backrground (CMB), Dakr Matter dan masih banyak lagi. 

Stephen Hawking adalah salah satu ilmuan Kosmologi yang terkenal, yang telah menemukan sebuah radian di sekitaran lubang hitam, dan dikenal juga sebagai Radiasi Hawking. Dan dia adalah orang pertama yang memaparkan teori-teori kosmologi dengan memadukan Teori Relativi Umum milik Einstein dengan teori mekanika kuantum.


Astrologi 

Banyak sekali orang yang mengira bahwa Astrologi dan Astronomi itu ilmu yang sama. Tenyata semua itu salah, ternyata Astrologi adalah suatu ilmu yang dapat mempelajari pergerakan benda-benda langit seperti matahari, bulan, planet dan bintang, dan mengaitkannya dengan kejadian atau peristiwa  yang dialami di dalam bumi, termsauk yang dialamai manusia juga.

Berdasarkan ramalan Horoskop. Dalam Astrologi, Hosroskop adalah sebuah diagram yang menggambarkan posisi benda langit, sudut-sudut sensitif, dan aspek-aspek astrologis, berdasar tanggal kelahiran seorang anak.

Selain ramalan Astrologi, kita juga mengenal yang namamnya Zodiak. Yaitu merupakan sabuk khayal yang terletak di langit yang merujuk pada rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut. Sebut saja contoh seperti Capricorn, Gemini, Scorpio, Taurus dan masih banyak lagi. jadi kita semua duah familiar dengan yang namanya Zodiak, Zodiak sendiri mengacu pada keududkan matahari pada rasi bintang zodiak (dalam astrologi berjumlah 12) pada tanggal kelahiran seorang bayi disitulah dapat di ambil ramalan-ramalan untuk masa depan sang bayi. Seperti jodoh, karir dan sebagainnya.

Sebagian besar ilmuan tidak setuju jika ilmu Astronomi dan ilmu Astrologi disamakan, ilmuan menganggap bahwa Astrologi tidak mengikuti metode ilmiah seperti yang bisa kita jumpai di ilmu pengetahuan. Para ilmuan juga mengklarifikasi bahwa ilmu Astrologi masuk ke dalam pseudosains, atau hanya sekedar ilmu semu.

Demikian penjelasan tentang Perbedaan tentang Astronomi, Astrofisika, Astrologi dan Kosmologi Lengkap semoga artikel di atas bermnafaat.

Baca Juga :
Perbedaan tentang Astronomi, Astrofisika, Astrologi dan Kosmologi Lengkap Perbedaan tentang Astronomi, Astrofisika, Astrologi dan Kosmologi Lengkap Reviewed by tambangilmu.com on 3:56:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.