Pengertian Teknologi Analog dan Digital

TAMBANGILMU.COM - Apakah kalian pernah membandingakan TV Analog dan TV Digital, memang kedua teknologi tersebut jauh berbeda mulai dari bentuk dan sistem nya pun berbeda. Karena TV Analog masiih memiliki sitem yang manual jadi masih belum sepenuhnna bekerja secara otomatis. Sedangkang pada TV Digital sudah menggunakan sistem yang canggih pengoprasian pada TV Digital tersbut memang sudah bekerja secara otomatis dan canggih. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Teknologi Analog dan Digital yang bisa kalian pahami.


Teknologi Analog 

Teknologi Analog merupakan teknologi yang masih menggunakan media sinyal gelombang elektromagnetik. Untuk pelayanan gelombang memiliki bentuk sinyal sedikit lambat dan mudah error dibanding data yang berbentuk digital. Sebelum teknologi digital muncul teknologi analog yang pertama kali muncul, teknologi analog sifatnya masih manual, sistem pada teknologi analog tidak sepenuhnya bekerja otomatis. Teknologi analog ini pada dasarnnya hanyalah sebuah alat sederhana dengan program tertentu saja.

Teknologi Digital 

Teknologi Digital adalah teknologi dengan menggunakan sistem komputerisasi atau format yang dapat di baca oleh komputer. dalam sistem teknologi digital tidak perlu tenaga manusia dalam pengoprasian nya sudah bekerja secara otomatis dan canggih. Pada dasarnnya sistem teknologi digital merupakan sistem menghitung dengan cepat yang dapat memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris. Teknologi digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah sinyal menjadi kombninasi urutan bilann 0 dan 1, atau yang disebut dengan bilangan biner untuk ppses informasi yang akurat, cepat, dan mudah.


Perkembangan Teknologi Analog dan Digitial 

Awal terbentuknya perkembangan teknologi komunikasi oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875, yakni yang menciptakan alat Telepon. Setelah teknologi mendasar pada tahun 1980 ditemukan kembali dan menjadi ekonomis untuk di adobsi secara luas untuk penemuan PC (Personal Computer). Dari sinilah asal mula terjadinya revolusi dari teknologi mekakin dan analog yang pindah ke digital yang telah terjadi sejak tahun 1875 dan sampai saat ini masih terus berlanjut.

Revolusi teknlogi berawal dari analog kemudia berlanjut ke revolusi pertanian , revvolusi industri, dan revolusi digital awal era yang sangat memadai saat itu. Teknologi digital di konversi dari analog ke dalam format digital. Misal dalam komunikasi digital hardware atau perangkat keras memperkuat sinyal digital dan menyebarkannya tanpa kehilangan informasi dalam sinyal. Hal ini dapat memudahkan kita dalam memindahkan data digital antara media serta untuk mengakses atau mendistribusikan jarak jauh.

Pada tahun 1910-1920 sebuah teknologi tanpa kabel lahir yakni adalah radio AM yang perkembangannya sangat pesat, dan kemudia disusul oleh audio visual tanpa kabel atau yang disebut dengan televisi. semua teknologi komunikasi berawal dari teknologi analog yang dimana penggunananya dapat memrogram yang sederhana bahkan ada yang sampai menggunakan tenaga manusia.

Teknologi akan mengirimkan informasi berupa gelombang elektromagnetik yang berupa carible yang berkelanjutan. Kemudia untuk sistem PC dan komputer adalah sistem elektronik yang dapat memanipulasi data yang cepat dan akurat serta dalam pengoprasiannya yang secara otomatis untuk menyimpan data menerima data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan adalah suatu langkah intruksi program yang tersimpat di memori. Data yang di olah menggunakan keomputer atau pengolahan data disebut juga dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP).

Kita mempunyai komputer untuk mengerjekan pekerjaan dan sesuatu hal lainnya menjadi lebih cepat dan mudah, bahkan kita dapat menggunakan keomputer sebagai sara hiburan pribadi yakni dengan bermain game, menonton film dan banyak lagi yang terdapat pada komputer.

Namun untuk sekarang semakin banyak teknologi yang telah diperbarui hingga samapi sekarang masih tercipta teknologi teknologi digital yang dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah serta kecepatan dalam mengolah data dan informasi memang sangatlah cepat, dengan kapasitas memori yang sangat besar pada komputer mempermudah kita untuk menyimpan data dengan banyak dan membantu kita untuk tidak meningat lebih keras.
Berikut adalah perubahan teknologi analog ke digital :
Kamera Film > Kamera Digital
Telepon > Handphone
Televisi Analog > Televisi Digital
Thermometer Air Raksa > Termometer Digital 


Perbedaan Teknologi Analog dan Teknologi Digital 
 
Perbedaan pada kedua teknologi tersebut terletak pada sistem nya. Teknologi analog bekerja secara manula dengan alat yang sederhana dan bantuan pemrograman tertentu saja. Sedangkan pada tekonologi digital sudah bekerja otomatis secara penuh dan cangginh dengan menggunakan sistem komputerisasi.
 
Demikian penejalsan tentang Pengertian Teknologi Analog dan Digital semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca Juga :
  •  
Pengertian Teknologi Analog dan Digital Pengertian Teknologi Analog dan Digital Reviewed by tambangilmu.com on 5:01:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.