Pengertian Listrik pada Makhluk Hidup

TAMBANGILMU.COM - Listrik mempunyai peranan penting bagi makhluk hidup,kita tidak dapat terpisakan oleh listrik .setiap detik menit jam hari minggu bulan dan tahun  kita terus memerlukan listyrik namun kita tidak sadar bahwa dalam tubuh kita terdapat listrik.Listrik pada makhluk hidup 
hanya pada Manusia dan Hewan.







Listrik Pada Manusia.

Kalo kita sadari listrik itu juga terdapat listrik yang sangat kecil.
Sinyal sinyal listrik yang ada pada tubuh kita menyebar di seluruh otot,jantung memicu dan mengkordinasikan tubuh kita ketika sedag jantung berdetak.

Jadi listrik mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh kita walau listrik yang di dalam tubuh kita tak sebesar listrik yang dapat menyalakan sebuh boklam lampu.Gelombang atu sinyal sinyal dapat terdeteksi oleh sensor logam yang dinamakan elektrodiogram.
listrik pun membuat sinyal sinyal syaraf misalnya bila ada sinar lampu atau apalah yang masuk ke mata ita maka mata kan menerima dan akan mengubah cahaya itu menjadi sinyal listrik dan mengalirkan ke se panjang syaraf.

Listrik Pada Hewan.
 

 
Tak hanya manusia yang terdapat listrik namun hewan pun bisa malah hewan dapat menghasilkan listrik .listrik yang di hasilkan oleh hewan air listrik yangdi hasilkan hewan air tersebut biasanya di gunakan untuk melindungi dirinya atau untuk membunuh musunya(sebagai alat pelindung diri).

Listrik ini dihasilkan oleh mereka mengirim gelombang kejut dan elombang tesebut membuat untuk melawan musuhnya, listrik yang di hasilkan 2-3 volt dan listrik itu berguna sebagai :

  1. Panca Indra
  2. Untuk menyebarkan sinyal peringatan.
  3. Untuk mengetahui jenis kelamin ikan lainnya.
Ikan yang dapat menghasilkan listrik yaitu:

  • Belut Listrik
  • Ikan Sembilang Listrik
  • Ikan Torpedo
  • Ikan Pari Listrik




Pada tubuh ikan terdapat 2/3 titik listrik biasanya titik tersebut berjumlah 5000-6000 titik dan dapat menghasilkan 500-650 voltper 2 A dan dapat menyalakan TV biasa.

Baca Juga :
Pengertian Listrik pada Makhluk Hidup Pengertian Listrik pada Makhluk Hidup Reviewed by tambangilmu.com on 8:47:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.