Pengertian Listrik Dinamis dan Rumus Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Listrik dinamis adalah listrik yang dapat berubah-ubah atau biasa yang kita sebut adalah arus listrik. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Listrik Dinamis dan Rumus Lengkap.





Pengertian Listrik Dinamis 

 Listrik dinamis adalah listrik yang dapat berubah-ubah atau biasa yang kita sebut adalah arus listrik.
Arus listrik ini berasal dari aliran elektron yang terus mengalir dari kutub negatid menuju kutub positif, dari dari potensial tinggi menuju ptensial rendah dari sumber beda ptensial (tegangan).

Arus listrik juga akan terbagi menjadi dua macam jenik yaitu : AC (bolak-balik) & DC (searah), listrik melwati kawat pengantar tiap satuan, adapun jumlah arus listrik yang menglair dalam waktu tertentu disebut kuat arus listrik (i).

Kuat arus yang masuk pada rangkaian bercabang, sama kuat dengan arus yang keluar, sementara itu do raingkaian seri kuat arus akan terus sama di setiap ujung hambatang, semuanya itu sama dengan Hukum Kirchoff.

Listrik yang dapat mengalri pada titik berpotensial lebih tinggi ke titik berpotensial lebih rendah apabila kedua titik tersebut terhubung dalam suatu rangkaian tertutup. Listirk dinamis bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari yakni lampu senter. Ketika lampu senter menyala kita bisa lihat cahaya pada lampi senter tersebeut, karna cahaya lampu senter mengandung aliran elektron didalamnnya. Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak, semua benda yang bisa di aliri listrik atau barang elektronik bisa juga disebut listrik dinamis.

Semakin besar tgangan listrik, maka akan semakin besar pulsa juga arus yang akan mengalir. Sedangkan apabila hukum hambatan diperbesar, makan akan membuat aliran arus berkurang. Seperti yang dijelaskan di Hukum Ohm.


Pada gambar tersebut, A lebih berpotensila llh tinggi daripada B, arus listrik ini berasal dari A menuju B, terhadi karena adanya usaha penyeimbangan potenisla antara A & B.

Seeah-olah arus listrik berupa arus muatan positif, dari potensial tinggin ke potensial rendah.
Faktanya muatan listirk positif tidak dapat berpindah, melainkan negatif yang bisa.


Rumus Dinamis Listrik 

Rumus Kuat Arus Listrik (I) 

Perpindahan arus listrik akan terjadi bilamana perpindahan elektron seperti yang telah di jelaskan di atas. 
Kedua benda yang bermuatan, apabila dihubungkan dengan penghantar maka akan menghasilkan arus listrik.

Kuat arus listrik disimbolkan dengan huruf I, memiliki satuan Ampere (A), adapun rumusnya sebagai berikut :

I = Q / t
 Keterangan : 

  • I = Kuat arus listirk
  • Q = Jumlah muatan listirk
  • t = Selang waktu
Rumus Beda Potensial atau Sumber Tegangan (V) Berdasarkan yang telah di jelaskan di atas, bahwa arus listrik memiliki definisi banyaknya elektron yang berpindah dalam jangka waktu tertentu.

 Kemudian perbedaan potensial dapat menyebabkan perpindahan elektron, banyaknya energi listrik yang dibutuhkan untuk mengalirkan setiap muatan listrik dariijung pengantar disebut dengan tegangan listrik atau beda potensial

Sumber teganngan atau beda potensial simbol ny adalah 1 V , dengan satuan Volt. Dimana ssra matematik memiliki rumus seperti berikut : 

V = W /Q



Keterangan : 

  • V = Beda potensial atau sum tegangan listrik
  • W = Energi
  • Q = Muatan
Rumus Hambatan Listirk (R)   

Hambatan atau disebut dengan resistor disimbolkan dengan R,  dengan satuan ohm, adapun rumusnya yaitu sebagai berikut : 

R = p. I / A

Keterangan :    

  • R = Hambatan listrik (ohm)
  • p = Hambatan jenis (ohm.mm2/m)
  • A = Luas penampang kawat (m2)
Rumus Hukum ohm   

Hukum ohm adalah hukum yang menghubungkan kuar arus listrik, beda potensial, serta hambatan.
Adapun rumus  nya yakni sebagai berikut : 

I =V /R atau R = V / I, atau V = I.R

Demikian Penjelasn tentang Pengertian Listrik Dinamis dan Rumus Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.


Baca Juga : 
Pengertian Listrik Dinamis dan Rumus Lengkap Pengertian Listrik Dinamis dan Rumus Lengkap Reviewed by tambangilmu.com on 9:41:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.