Contoh Pergerakan Bumi dan Bulan terhadap Matahari Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Gerakan Bumi dan Bulan. Bumi mempunyai dua macam gerakan, yaitu rotasi dan revolusi. Akibat rotasi dan revolusi Bumi mengakibatkan beberapa peristiwa.
Peristiwa-peristiwa ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita karena hampir semua orang pernah mengalaminya.
Peristiwa seperti terjadinya siang dan malam, matahari terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat, perbedaan waktu di berbagai belahan bumi, percepatan gravitasi bumi merupakan akibat dari rotasi bumi. Untuk lebih lengkapnya akan diuraikan sebagai berikut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Contoh Pergerakan Bumi dan Bulan terhadap Matahari Lengkap yang bisa kalian pahami.


Gerak Bumi 

1. Gerak Rotasi   

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada poros atau sumbunya. Untuk melakukan satu kali rotasi dari barat ke timur, bumi memerlukan waktu sekitar 23 jam 56 menit 4 detik, makan dibulatkan menjadi 24 jam. 
Waktu untuk sekali rotasi disebut kala rotasi.  

Akibat Rotasi Bumi adalah :

  1.   Terjadinya siang dan malam karena bumi berotasi, pada daerah-daerah bumi yang terkena sinar matahari akan mengalami siang dan daerah-daerah bumi yang tidak terkena matahari akan mengalami malam.
  2.  Gerak semu harian matahari, Setiap hari kita lihat matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat. Hal ini terjadi karena kita bergerak mengikutin rotasi bumi dari barat ke timur sedangkan matahari diam. Letak matahari yang seolah-olah berubah ini menyebabkan panas sinar matahari pada pagi, siang dan sore berbeda-beda pada siang hari matahari akan terasa lebih panas daripada pagi dan sore hari.
  3.  Perbedaan waktu di Bumi, Perbedaan waktu antara satu tempat dengan tempat lain berdasarkan garis bujur. Sekali rotasi bumi atau dalam 24 jam, setiap tempat di permukaan bumi telah berputar sebesar 360° bujur. Dengan demikian, setiap 15° bujur ditempuh dalam jangka waktu 1 jam. Setiap garis bujur yang jaraknya 15° atau kelipatannya disebut bujur standar. Waktu bujur standar disebut waktu lokal. Oleh karena itu, di permukaan bumi terdapat 24 waktu lokal. 
Di Indonesia sendiri memliki tiga waktu daerah yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indoneisa Timur).

2. Gerak Revolusi

 Gerak revolusi adalah gerak bumi yang berputar pada orbitnya dalam mengelilingi matahari. Waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali revolusid dissbut dengan kala revolusi. Kala revolusi adlah 565  ¼
hari atau 1 tahun.

Tenyata sepanjang tahun kedudukan matahari seolah berubah-ubah (Gerak Semu Tahunan Matahari).

  1. Anatar bulan Maret sampai dengan Sepetember bayangan benda akan mengarah ke selatan. Hal ini terjadi karena keududukan matahari ketika itu seolah-olah berada di sebelah utara.
  2. Antara bulan September sampai Maret bayangan benda akan berbalik arah ke utara. Hal ini terjadi karena kedudukan matahari kerika itu seolah-olah berada di selatan.
  3. Kejadian alam tersebut dinamaknan gerak semu tahunan matahari.
Akibat Gerak Revolusi Bumi adalah :

  1. Terjadinya gerak semu tahunan matahari, seolah-olah melakukan pergeseran dari utara ke selatan dari khatulistiwa.
  2. Terjadinya perubahan musim di permukaan bumi, dalam setahun, mengalami perubahan musim. Daerah yang terletak di sekitar khatulistiwa yaitu musim hujan dan musim kemarau. Daerah yang terletak di belahan bumi utara dan selatan adalah musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur.
  3. Terlihatnya rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan. Rasi bintang adalah kumpulan bintang yang membentuk pola tertentu. Setiap rasi bintang terlihat pada saat yang sama dan pada tempat yang sama. Bumi beredar mengelilingi matahari sehingga rasi bintang yang akan terlihat di setiap bulannya selalu berbeda.
Indonesia yang terletak pada titik di khatulistiwa hanya akan mengalami dua musim saja, yakni musim hujan dan musim kemarau.

Demikian penjelasan tentang Contoh Pergerakan Bumi dan Bulan Terhadap Matahari Lengkap semoga artikel di atas  bermanfaat.

Baca Juga :

    Contoh Pergerakan Bumi dan Bulan terhadap Matahari Lengkap Contoh Pergerakan Bumi dan Bulan terhadap Matahari Lengkap Reviewed by tambangilmu.com on 8:03:00 PM Rating: 5

    No comments:

    Powered by Blogger.