Cara Membuat Kuesioner Pada Google Form Dengan Mudah

TAMBANGILMU.COM - Kuesioner adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data orang lain untuk di analisis.

Dengan menganalisa beberapa informasi yang telah berikan lewat kusioner tersebut, kita bisa mempelajari berbagai macam hal pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan pada kesioner tersebut.

Di zaman yang serba modern ini, kita pun bisa membagikan kuesioner tersebut ke banyak orang secara cepat dan luas melalui situs yang menyediakan layalan kesioner. salah satu situs yang bisa kalian gunakan untuk membuat kuesioner secara gratis dan mudah adalah Google Form. Google Form ini adalah layanan dari Google untuk membuat pertanyaan atau kuesioner.

Pada awalnnya Google Form merupakan fitur dari Google Spreadsheet yang di rilis pad tahun 2008. Dalam fitur ini kamu bisa menambahkan formulir ke spreadsheet, membuat dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulir di lembar lain.

Seiring berjalannya waktu, Google pun menambahkan beberapa fitur yang beragam ke dalam Google Form seperti pembuatan formulir, kuesioner dan masih banyak lagi. Kamu akan lebih mudah dalam menerima jawaban dari orang-orang yang telah mengisi form yang telah kita buat. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Cara Membuat Kuesioner di Google Form Dengan Mudah yang bisa kalian pahami.


Cara Membuat Kuesioner pada Google Form 

1. Buka aplikasi browser (Chrome, Firefox, OperaMini dan lainnya) pada PC, Laptop, atau Smartphone.
2. Buka alamat situs https://docs.google.com/forms/ pada browser yang telah kalian buka
3. Pada halaman utama Google Form, kalian bisa masuk menggunakan akun Gmail
4. Selanjutnya bakal di hadapkan dengan beberapa template yang beragam untuk membuat formulir.




5. Jika kalian ingin membuat dari awal, maka bisa pilih Blank
6. Kemudian bakal dihadapkan pada halam rancangan baru 
7. Pada halaman ini kalian bisa menentukan jenis-jenis pertanyaan untuk kesioner, metode pengisisan, waktu, paragraf, pertanyaan singkat, dan judul pada tab Question




8. Buatlah kuesioner sesusai dengan kebutuhan kalian.
9. Tekan tombol Send yang beraada pada bagian kanan atas jika kamu dirasa sudah selesai

10. Setelah selesai nantinya akan muncul kotak dialog meminta kalian untuk membagikan link dari formulir yang telah dibuat tersebut
11. Kirim tautan tersebut ke grup atau orang yang ingin kamu tanya.

Di Goole Form ini memliki beberapa jenis pengisian mulai dari Short Answer, Paragraph, Multle Choice, Chekboxes, Dropdown, File Upload, Linear Scale, Multiple Choice Grid, Chekbox Grid, Date hingga Time.

Kalian juga dapat memilih jenis-jenis tombol tersebut untuk kebutuhan kuesioner yang kalin buat.
Pada tab Responses akan memperlihatkan data dari orang lain yang telah mengisi form atau kuesioner tersebut yang telah kita buat.

Kalian juga bisa mengubah data kuenioner tersbut langsung ke dalam bentuk Spreadsheet.
Dengan adanya Google Form semua orangpat membuat form atau kuesioner dengan mudah tanpa harus mengeluarkan modal atau biaya sepeserpun.

Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Kesioner Pada Google Form Dengan Mudah semoga artikel di atas bermnfaat.


Baca Juga :
Cara Membuat Kuesioner Pada Google Form Dengan Mudah Cara Membuat Kuesioner Pada Google Form Dengan Mudah Reviewed by tambangilmu.com on 3:51:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.