5 Cara Meningkatkan Produktivitas Belajar Yang Bisa Kalian Coba

TAMBANGILMU.COM -Jika ingin mendapatkan nilai ujian yang bagus, tentu harus ditunjang dengan kualitas belajar yang baik. Sayangnya, belajar sering kali menjadi aktivitas yang memicu kita jadi stres dan pada akhirnnya materi yang kita pelajari jadi susah untuk diserap dan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang 5 Cara  eningkatkan ProduktivitasBelajar Yang Bisa Kalian Coba, yang bisa kalian pahami.

 

Buat Rencana Belajar 


Jangan membiasakan memulai hari tanpa rencana yang matang. Apalagi bagi kalian yang masih menempuh jenjang pendidikan, padatnya jadwal di sekolah atau kampus tentu akan membuat fokus kita menjadi terpecah dan ujung-ujungnya menjadi tidak produktif. Fokus menjadi faktor utama untuk meningkatkan produktivitas.  

Buatlah rencana belajar dan selesaikan hari itu juga. Membuat rencana belajar artinya kalian mencegah tugas jadi menumpuk sehingga menyebabkan kwalahan.

Pastikan juga rencana belajar yang kalian buat bisa terlihat atau berada pada tempat yang terlihat seperti di aplikasi notes pada ponsel kalian atau bisa menggunakan kertas memo yang bisa ditempel pada dinding.

 
Bangun Lebih Pagi 


Untuk meningkatkan produktivitas belajar kalian pastikan juga kalian mempunyai energi yang cukup, biasakan untuk tidur lebih awal atau tepat waktu dan bangunlah lebih pagi di ke esokan harinya. Menurut beberapa penelitian, bangun di pagi hari tubuh akan menyimpan lebih banyak energi dan kemampuan konsetrasi jauh lebih meningkat. Jadi, belajar di pagi hari kemungkinan besar kalian akan lebih banyak menyerap materi dengan mudah. Dan hasilnya, proses belajar kalian akan jauh lebih produktif.

 Selain itu kalian juga bisa memulai untuk berolahraga. Setidaknya sisihkan waktu sebanyak 30 menit untuk melakuka pemanasan ringan agar tubuh kita tetap sehat dan berenergi selama belajar nantinya.
 

Hindari Gangguan 


Untuk gangguan itu memang banyak bentuknnya. Bisa berasal dari diri sendiri atau kita dan suasana di sekitar yang terlalu bising dan hindari untuk belajar di tempat umum supaya lebih fokus belajar.
Bagi anak muda jaman sekarang mungkin bisa jauhkan ponsel dari pandangan kalian atau kalian juga bisa aktif-kan mode senyap pada ponsel kalian, bila dirasa hal tersebut sudah bisa membuat anda lebih berkonsentrasi.


Belajar di Waktu yang Tepat 


Belajar akan jadi lebih produktif jika kita melakukannya pada waktu yang tepat. Kenali waktu biologin kalian yang pas untuk belajar.

Pada umumnya ada dua tipe jam biologis yakni early bird dan night owl. Early bird adalah sebuat buat kalian yang lebih produktif di pagi hari. Kalian bisa masksimalkan waktu tersebut untuk mereview pelajara-pelajaraa yang telah dijelaskan. Sedangkan untuk night owl adalah sebutan untuk kalian yang lebih produktif pada sore hari. Maka dari itu coba untuk meluangkan sebagian waktu kalian di sore atau malah hari untuk meningkatkan produktivitas belajar kalian.


Belajar Sambil Mendengarkan Musik 

 
Setiap orang punya caranya masing-masing untuk melakukan belajar menjadi lebih fokus dan produktif. Ada yang mendengarkan musik untuk belajar dan ada juga yang memilih dengan suasana tenang. 

Belajar sambil mendengarkan musik dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Dilaair dari University Health News, jika kita belajar sambil mendengarkan musik saraf-saraf pada otak kita akan lebih aktif. Alhasil, suasana hati akan terasa lebih baik dan membuat otak kita lebih fokus.

Demikian penejelasan tentang 5 Cara Meningkatkan Produktivitas Belajar Yang Bisa Kalian Coba semoga artikel di atas bermanfaat


Demikian penjelasan tentang Pengertian Ilmu Ekonomi dan Permasalhannya semoga artikel di atas bermanfaat.  
 
 
Baca Juga :
5 Cara Meningkatkan Produktivitas Belajar Yang Bisa Kalian Coba 5 Cara Meningkatkan Produktivitas Belajar Yang Bisa Kalian Coba Reviewed by tambangilmu.com on 8:00:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.