6 Tips Cara Supaya Belajar Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

TAMBANGILMU.COM - Belajar adalah aktivitas yang sangat fundamental untuk menentukan kesuksesan seseorang. Banyak orang diluar sana yang gagal karna malas belajar atau tidak mengerti cara belajar yang sangat efektik dan efisien. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Tips Cara Supaya Belajar Menjadi Lebih Efektif dan Efisien yang bisa kalian pahami. 



Gaya belajar yang masih monoton terkadang masih diperagakan di sekolah-sekolah membuat aktivitas belajar menjadi melelahkan, membosankan dan kurang diminati.

Jika belajar kalian masih terasa membosankan, maka jangan kahawatir karna kini ada banyak cara belajar alternatif menjadi lebih efisien, efektif bahkan menyenangkan.

Berikut adalah gaya belajar yang tepat, sehingga kalian tidak perlu menghabiskan waktu banyak dan tenaga namun teteap mendapatkan hasil yang maksimal.


1. Tentukan Target 

Hal utama inilah yang perlu kalian lakukan sebelum memulai belajar sesuatu.  Apapun yang kalian pelajari entah musik, masak dll. Ketahui apa yang ingin kalian pelajariiengan jelas. Dengan kata lain, kalian harus memiliki target belajar. Jadi ini adalah sebuah goal yang harus anda capai, untuk melakukan hal itu kalian harus jelas dengan apa yang sebenernnya kalian pelajari. Jangan sampai kalian mempelajari sesuatu tapi tidak tau apa yang sebernnya kalian pelajari.


2. Manfaatkan Teknologi 

Setelah kalian mengetahui dengan jelas apa yang kalian kuasai, untuk tahap selanjutnya adalah mengetahui apa yang harus anda lakukan

Untuk pencapaian yang kalian perlukan disini hanyalah membuat list untuk tujuan anda contoh seperti : video, buku, podcast, mentor, kliping, atau kursus

Contoh jika kalian ingin menguasai ilmu tentang musik, maka dari itu carilah buku tentang musik terbaik dan mulailah untuk memplejarinya.

Referensi sangatlah penting karna dari sanalah anda akan mendapatkan sebuah input pengetahuan. Jadi jangan sampai kalian salah dalam mengambil referensi atau aktivitas maka belajar akan sia-sia. Manfaatkan Teknologi sebaik mungkin.

Kalian juga bisa mencari di internet untuk mendapatkan ratusan video, e-book atau tutorial yang tepat, baik yang gratis maupun berbayar.


3. Tenkin Padomoro 

Teknik Podomoro ini sangatlah dikenal luas dan diakui sebagai media belajar yang paling efisien untuk  meebantu kalian supaya tetap fokus dalam mempelajari sesuatu. Dan teknik ini adalah salah satu teknik yang di anggap sebagai terobosan dan cara belajar yang benar.

Pecahlah sesuatu hal yang ingin kalian pelajari menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, lalu kalian pelajari tahap demi tahap. Beristirahtlah jika waktu sudah dirasa cukup atau lelah agar energi kalian tetap terjaga.


4. Hanya Pelajari apa yang Penting 

Fokuslah pada hal yang kalian pelajari jangan buat waktu dengan percuma, teteapkan dan fokus pada hal itu.


5. Gunakan Jurnal 

Kalian hanya perlu menyiapkan jurnal dan catat setiap ada hal yang penting dan menarik yang kalian temukan seperti : situs referensi penting, hal menarik, kata-kata baru, insight dan inovasi terkni.

Jurnal juga penting untuk melihat hal apa saja yang kalian pelajari dan seberapa besar progress selama kalian belajar. Metode jurnal ini akan sanga bermanfaat untuk menilai metode belajar yang kalian sudah pelajari.


6. Menguji Kemampuan  

Dan saatnya untuk menguji kemampuan kalian. Banyak sekali cara untuk melihat seberapa besar peningkatan yang telah kalian capai, seperti mengikuti tes berbayar dan melakukan praktek langsung hingga mendaftar dikompetisi sesuai bidang yang kalian pelajari.


Itulah 6 langkah untuk membimbing Anda dalam belajar dengan sangat efektif dan efisien tanpa perlu membuang waktu dan tenaga.

Demikian penjelasan tentang 6 Tips Cara Supaya Belajar Menjadi Lebih Efektif dan Efisien semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca Juga : 




No comments for "6 Tips Cara Supaya Belajar Menjadi Lebih Efektif dan Efisien"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel