Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

TAMBANGILMU.COM - Asam folat merupakan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia, terlebih pada ibu hamil ataupun pada calon ibu hamil. Dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup, ibu hamil akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah risiko bayi lahir prematur. Berikut adalah beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat hamil ataupun yang ingin hamil. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi yang bisa kalian pahami.



1. Hati Sapi dan Ayam


Baik hati sapi maupun ayam terbukti memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Pada ayam, kandungan asam folatnya mencapai 1000 mcg dalam 100 gram. Sedangkan pada sapi bisa dibilang sedang, yaitu sekitar 250 mcg dalam 100 gram. Dengan mengkonsumsinya secara bergantian secara rutin, maka kebutuhan asam folat sehari-hari akan tercukupi.

2. Sayuran Hijau

Pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil salah satunya adalah mencegah terjadinya cacat jantung bawaan pada bayi. Maka dari itu, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi sayauran hijau dan yang disarankan adalah bayam. Sayuran lain seperti asparagus, selada hingga brokoli juga bagus untuk ibu hamil.

3. Biji-Bijian

Produk olahan biji-bijian sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi asam folat ibu hamil. Adapun beberapa contoh bahan makanan yang dimaksud adalah gandum, jagung hingga sereal. Masing-masing produk tidak hanya memiliki kandungan asam folat saja, tapi juga mineral yang baik untuk tubuh.

4. Kacang Kedelai

Dalam setiap 100 gram kacang kedelai utuh, setidaknya mengandung sekitar 210 mcg asam folat. Kandungan yang tinggi ini sangat baik untuk ibu hamil pada trimester pertama. Beberapa yang bisa Anda konsumsi diantaranya adalah kacang hijau, kacang tanah, kacang polong ataupun kacang merah.

5. Buah-buahan 

Agar menjaga kebutuhan mineral dan vitamin serta asam folat, mengkonsumsi buah-buahan juga diperlukan. Terlebih agar kondisi tubuh janin menjadi lebih kuat dan nanti setelah lahir menjadi tidak rentang terjangkit penyakit. Namun, apabila terjangkit alergi ataupun flu, bisa diberikan obat yang cocok. Obat tersebut dapat Anda lihat pada link https://www.goapotik.com/produk/rhinos-neo-10-ml-drop-1

6. Susu 

Kebanyakan ibu hamil merasa mual dan nafsu makan menjadi berkurang, oleh karena itu bisa diganti dengan minum susu. Susu khusus ibu hamil sangat baik untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Tentunya yang memiliki kandungan asam folat tinggi dan nutrisi lainnya.

Demikian penjelasan tentang Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi semoga artikel di atas bermanfaat.
Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi Reviewed by tambangilmu.com on 10:32:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.