Contoh Gerak Parabola Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Gerak parabola adalah gerak benda yang  mempunyai lintasannya melengkung seperti parabola atau lingkaran setengah. Gerak parabola ini merupakan perpaduan antara gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). GLB berlaku pada gerak benda yang memiliki secara horizontal, sedangkan GLBB berlaku pada gerak benda yang secara vertikal. Sebenarnya pengertian pada gerak parabola di atas adalah merupakan pengertian secara pemikiran saya sendiri, tapi saya yakin tidak jauh berbeda dengan pengertian sebenarnya secara sains fisika. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Contoh Gerak Parabola Lengkap yang bisa kalian pahami.



Contoh pada gerak parabola yang paling sederhana yakni anda bisa mencobanya sendiri dengan melempar suatu benda ke atas dengan sudut tertentu. Maka  pada benda tersebut akan membuat sebuah lintasannya dengan sendiri yang berbentuk seperti parabola atau setengah lingkaran. Hal itu dikarenakan oleh pengaruh dari gravitasi dan gaya yang kita lakukan pada benda tersebut.


Gambar pada Gerak Parabola

Pada gambar di atas menunjukkan bahwa sebuah benda yang bergerak dari suatu titik di sumbu X yang kemudian menuju ke titik X lainnya dengan sebuah lintasan parabola. Terdapat pada posisi pertengahan antara titik awal dan titik akhir pada sumbu X, kita bisa lihat pada titik tersebut dicapai di ketinggian maksimum (Hmak).  Untuk garis yang putus-putus merah menunjukkan sebuah lintasan parabola, sedangkan garis putus-putus yang berwarna hijau menunjukkan jarak ketinggian atau maksimum.


Rumus Gerak Parabola 

Benda yang dilempar dari ketinggian

Gerak pada sumbu x = Vox. t
Gerak pada sumbu y = Vy = g. t
                              t = akar (2h / g)
                             Vy = akar (2.g. h)

Kecepatan benda pada saat di lempar :

Keterangan :

x      =  Jarak jangkauan benda
Vox  =  Kecepatan awal pada sumbu x
Vy    =  Kecepatan benda pada sumbu y
h      =  tinggi
g      =  gaya gravitasi
t      =   waktu

Rumus mencari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik terjauh

Benda yang dilembar miring dengan sudut elevasi tertentu

Rumus mencari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tertinggi


Demikian penjelasan tentang Contoh Gerak Parabola Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca Juga
Contoh Gerak Parabola Lengkap Contoh Gerak Parabola Lengkap Reviewed by tambangilmu.com on 2:11:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.