Menu MPASI Pertama Sederhana yang Bisa Dibuat di Rumah

8:43:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Asupan makanan yang bergizi tentunya merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan kepada buah hati anda yang tengah dalam masa pertumbuhan. Pasalnya proses tumbuh kembang si kecil tentunya akan jauh lebih baik bila tubuhnya ternutrisi dengan baik. Namun anda juga tidak boleh mengesampingkan makanan pendamping ASI nya sendiri, karena hal ini juga tak kalah pentingnya untuk diberikan kepada sang buah hati. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang menu MPASI sederhana yang bisa dibuat di rumah secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.



PENGERTIAN MPASI

Makanan pendamping ASI atau sering dikenal dengan sebutan MPASI ini sejatinya harus segera diberikan kepada bayi yang sudah memasuki rentang usia 4-6 bulan. Hal ini dikarenakan pada saat usia bayi sudah mencapai angka tersebut, sistem pencernaan pada bayi sudah mulai bisa menerima asupan makanan lain selain asi dari ibunya. Namun perlu anda perhatikan juga untuk tidak terlalu sering memberikan ia MPASI instan, karena mengingat bahaya mpasi instan yang bisa berdampak buruk pada masa tumbuh kembangnya. 



MENU MPASI SEDERHANA

Adapun bahaya dari MPASI instan ini karena biasanya dalam bahan pembuatannya sendiri sering mengandung bahan pengawet, yang mana bisa saja membahayakan bagi pencernaan si kecil. Untuk itu ada baiknya anda hanya memberikan menu mpasi sederhana, yang bisa anda buat sendiri dirumah dan sudah bisa dijamin kehigienisannya. Berikut menu untuk MPASI pertama sederhana yang bisa anda coba buat sendiri dirumah, check this out
  • Untuk Minggu pertama, bayi yang berusia 6 bulan bisa diberikan menu makanan dari aneka macam buah-buahan seperti misalnya buah apel, alpukat, pir, pisang dan lain sebagainya. Yang mana buah-buahan tersebut mengandung beberapa kandungan baik bagi petumbuhan si kecil, seperti diantaranya kandungan kalium, serat, kalsium dan asam folat. 
  • Untuk Minggu kedua, anda bisa memberikan menu makanan yang mengandung karbohidrat, seperti misalnya umbi-umbian, kentang, oatmeal, ataupun bubur.
  • Untuk Minggu ketiga, anda baru bisa memberikan ia makanan berat seperti daging ataupun ikan salmon yang telah dihaluskan. Pemberian daging halus atau ikan salmon ini tentunya bisa berguna untuk menambah berat badan bayi dan juga bisa memberikan nutrisi yang baik pada si kecil. 

Demikian penjelasan tentang Menu MPASI Pertama Sederhana yang Bisa Dibuat di Rumah. Semoga artikel di atas bermanfaat. Informasi menarik lainnya mengenai kesehatan bayi lainnya bisa anda dapatkan juga melalui situs kesehatan terbaik saat ini di Indonesia yakni di www.gusehat.com

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Populer Hari Ini