17 Teori Konspirasi yang Sangat Menggemparkan Dunia

12:54:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Pernah mendengar gedung kembar WTC di Amerika yang roboh akibat tabrakan dua buah pesawat dan disebutkan bahwa hal tersebut adalah serangan teroris? Atau kejadian kecelakaan yang menimpa Putri Diana dan Dody Alfayed yang menyalahkan pers karena mengejar kedua orang tersebut? 2 hal tersebut merupakan peristiwa yang terbilang sangat besar dan heboh. Namun yang menjadi pertanyaan sebenarnya adalah apakah benar hal-hal tersebut terjadi karena teroris atau bahkan pers? Apa hal tersebut merupakan sebuah kebohongan yang semata? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin terlintas di pikiran Anda, pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian teori konspirasi dan contoh nyatanya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.



PENGERTIAN TEORI KONSPIRASI


Teori konspirasi merupakan teori yang berupaya untuk menjelaskan bahwa penyebab terbesar dari satu atau serangkaian peristiwa pada umumnya peristiwa politik, sosial, atau sejarah adalah sebuah rahasia,  seringkali membohongi, dan direncanakan secara diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa dan juga sangat berpengaruh. Banyak teori konspirasi yang telah mengklaim bahwa peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah yang kita ketahui selama ini telah didominasi oleh para konspirator belakang layar yang memanipulasi kejadian-kejadian politik demi keuntungan pribadi atau kelompok semata.
Pengertian konspirasi dalam arti lain :
  • Sebuah persetujuan yang dilakukan secara bersama-sama yang bersifat tidak sah atau ilegal, melanggar atau bersifat subversif.
  • Sebuah persetujuan antara dua atau lebih orang untuk melakukan sebuah kejahatan atau dalam rangka untuk memenuhi tujuan yang sebenarnya legal melalui suatu tindakan kejahatan.
  • Gabungan atau bertindak secara bersama-sama, melalui sebuah persekongkolan yang bersifat jahat.

Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa teori konspirasi ini adalah sebuah persekongkolan yang melibatkan dua orang atau lebih untuk merancanakan sebuah kejahatan yang dirahasiakan.

Teori ini terdapat di sekitaran gerak dunia global dan merambah hampir ke seluruh ranah kehidupan manusia. Dari urusan politik hingga hal vital seperti makanan. Bagi orang-orang yang tidak percaya hal ini akan selalu menganggap bahwa semua hanya olok-olok, mengada-ada, menyia-nyiakan waktu, kurang kerjaan, dan sebagainya. Bagi para penganutnya teori tersebut, tidak serta-merta muncul dan mendunia tanpa ada yang menciptakan polanya.

Secara sederhana teori konspirasi meyakini bahwa dibalik semua kejadian, khususnya kejadian-kejadian negatif atau yang berefek merugikan, ada sebuah kelompok kecil orang yang memang sengaja merencanakan, licik, beraksi penuh intrik serta siasat, dan sangat rahasia. Mereka menggunakan metode, taktik dan strategi intelijen dalam setiap aksinya yang kemudian dituduhkan kepada orang lain atau kelompok lain untuk bertanggungjawab.

Semua aksi tersebut dilakukan tentunya atas kepentingan lembaga swasta bahkan pemerintah atau kepentingan pribadi dari orang-orang tertentu untuk mengeruk keuntungan dalam setiap kejadian. Sementara aksi mereka mulai dari membangun citra atau image building sampai menculik dan membunuh. Namun dalam setiap aksi mereka selalu terdapat korban yang akan dijadikan kambing hitam dan harus bertanggungjawab atas kejadian lalu menerima akibat dari aksi yang kenyataannya tidak pernah mereka lakukan.

Dalam teori konspirasi, dikenal dua jenis korban yakni :
  • Korban Kejadian yaitu orang-orang yang terkena dampak langsung kejadian, seperti luka dan kematian
  • Korban Pelaku yaitu orang-orang yang sengaja melakukan aksi seolah-olah aksi itu dari mereka tanpa ada yang menunggangi atau mengaturnya, namun mereka adalah korban provokasi, hasutan, dan doktrin.

Para penganut dari Teori Konspirasi sangat mempercayai bahwa Imam Samudera dan kawan-kawannya merupakan korban pelaku yang sama sekali tidak sadar bahwa mereka adalah korban konspirasi.

17 Teori Konspirasi yang Sangat Menggemparkan Dunia

Penganut teori ini pun terbelah dalam dua kubu utama. 
  • Kelompok Pertama yaitu mereka yang hanya percaya bahwa segala hal mungkin terjadi apabila terdapat sebuah dukungan argumentasi yang kuat, data ilmiah, tokoh-tokoh yang nyata, fakta akurat, pendapat yang bisa diverifikasi kebenarannya, sejarah yang memang ada dan bukan mitos, dan sebagainya. 
  • Kelompok Kedua yaitu mereka yang percaya tanpa adanya syarat alias mereka yang menganggap semua yang terjadi telah dirancang sedemikian rupa sebelumnya, yang sering kali menghubungkan dengan mitos, legenda, supranatural, dan sebagainya.


Teori Konspirasi adalah kebohongan besar yang sangat menyesatkan. Lalu mengapa kita perlu memahami tentang “Teori Konspirasi” ini? Teori ini perlu dipahami dengan maksud agar kita tidak mudah ditunggangi oleh pemahaman yang salah besar dan menyesatkan atau bahkan terjebak oleh siasat sekelompok orang yang bergerak secara rahasia tersebut. Untuk selanjutnya kita mempu untuk mengambil sikap, dan dapat menyatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah.



CONTOH TEORI KONSPIRASI DUNIA

Beberapa Teori Konspirasi terbesar yang telah diciptakan pemerintah Amerika Serikat agar masyarakat di dunia percaya dan mendukung segala kebijakannya :


SATU, Pemerintah Amerika Serikat mengklaim bahwa telah berhasil mendaratkan manusia ke bulan dengan sukses pada tanggal 20 Juli 1969 melalui Operasi Luar Angkasa Penerbangan Apollo 11. Pemerintah Amerika Serikat menyatakan bahwa kosmonot bernama Neil Armstrong, Michael Collins, dan Edwin Aldrin telah berhasil menginjakkan kaki di bulan. Setelahnya sampai saat ini tahun 2012, rentang waktu 43 tahun kemudian belum terdengar lagi operasi luar angkasa mendaratkan manusia ke bulan atau ke planet lain. Padahal teknologi luar angkasa sekarang lebih canggih dari pada teknologi luar angkasa di tahun 1969. Saat ini Rusia, Jepang, China, Inggris, Perancis dan Amerika sendiri belum melakukan operasi prestisius tersebut lagi. Hasil akhirnya seluruh dunia percaya bahwa pemerintah Amerika Serikat telah memenangkan sebuah perlombaan teknologi luar angkasa dengan Uni Soviet. Dan lebih parahnya teori konspirasi pendaratan manusia ke bulan tersebut dipropagandakan melalui media massa dan buku pelajaran di sekolah-sekolah. (selengkapnya Anda dapat mengklik untuk membaca tentang Pembuktian Kebohongan Pendaratan di Bulan


DUA, Tragedi serangan 11 September 2001 pada gedung kembar WTC dan juga Kantor Dephankam A.S di  Pentagon, yang kemudian Pemerintah Amerika tanpa bukti yang cukup langsung menuduh Osama Bin Laden sebagai pelakunya. Tetapi kenyataan berbicara lain, melalui sebuah rekaman video CCTV yang berada di gedung sekitaran WTC dan beberapa video amatir lainnya. Rekaman-rekaman tersebut dapat menjelaskan dengan gamblang bahwa gedung WTC tidak hancur karena tabrakan pesawat dan bahan bakarnya. Namun karena terjadi proses peledakan yang disengaja seperti halnya meruntuhkan gedung dengan menggunakan bom atau yang biasa disebut dengan Demolition Bombs. Dari sinilah pemerintah Amerika Serikat mendapatkan dukungan serta legitimasi dari parlemen dan rakyat Amerika untuk kemudian menyerang Osama Bin Laden di Afganistan. Pada akhirnya, Amerika Serikat kehilangan gedung kembar WTC dan rusaknya Pentagon tetapi sebagai imbalannya Amerika memperoleh negara Afganistan dan juga seluruh minyak bumi di Afganistan serta akses untuk pipa minyak bumi yang berasal dari negara-negara Timur Tengah yang pro pemerintah Amerika. Sebuah pertukaran yang sangat jahat dan tidak adil. Peristiwa kebohongan ini telah dibongkar dalam sebuah Film dokumenter berjudul "911 in Plane Site" yang menguak kebohongan Pemerintah AS atas tragedi yang terjadi pada 11 September 2001 atas World Trade Center (WTC) dan Pentagon dari fakta nyata dan data-data yang tak dapat dibantah. 

Amerika Serikat juga dapat mempropagandakan perlawanan terhadap poros setan dan terorisme versi Amerika yaitu Iraq, Iran dan Korea Utara atas tuduhan kepemilikan senjata pemusnah massal kimia maupun biologis. Kemudian Amerika berhasil menyerang Iraq serta menggulingkan presiden Saddam Husein. Namun, apa yang dituduhkan atas kepemilikan senjata pemusnah massal kimia maupun biologis oleh pemerintahan Saddam Husein tidak dapat dibuktikan. Sedangkan puluhan ribu rakyat Iraq yang tidak bersalah harus tewas sia-sia. Sekali lagi, Amerika berhasil menguasai minyak dan akses perminyakan di Negara Iraq untuk kepentingan pemerintah Amerika sendiri. Jika terus didiamkan, kita hanya tinggal menunggu Iran di bawah pemerintahan Mahmoud Ahmadinejad diserang oleh Amerika. Dan kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk menghentikan tragedi kemanusiaan untuk kesekian kalinya kesombongan negara adidaya tersebut.

Kebohongan-kebohongan tersebut dikemas rapi dalam bentuk Teori Konspirasi, dan teori konspirasi tersebut berjalan dengan sangat mulus karena didukung penuh oleh kekuatan media massa Amerika Serikat. Belum lagi yang terjadi di Indonesia sendiri seperti terjadinya peristiwa G30S/PKI, Penguasaan PT. Freeport, Peristiwa Super Semar, Jatuhnya Pesawat komersil SUKOI milik Rusia di Gunung Salak Bogor dan lain sebagainya, ada teori konspirasi oleh pemerintah Amerika di dalamnya.

Dan yang paling mengejutkan dan membuat teori konspirasi semakin kukuh yaitu pengakuan seorang mantan agen rahasia AS, John parkins dengan bukunya Economic Hit Man, Ia bercerita secara blak-blakan tentang seluruh kegiatan agen rahasia AS yang melakukan aksinya dibeberapa negara, aksi yang membuat negara jatuh bangkrut sampai aksi pembunuhan seorang presiden dengan seolah-olah adalah sebuah kecelakaan.


TIGA, Kejadian kecelakaan yang menimpa Putri Diana dan Dody alfayed, kejadian menyebabkan kematian dari keduanya dan menyalahkan para paparazzi yang mengejar mobil mereka sehingga terjadinya kecelakaan mematikan tersebut. Akan tetapi penganut teori konspirasi percaya bahwa kecelakaan tersebut sudah direncanakan dengan sangat matang jauh sebelum kejadian terjadi. Penganut teori konspirasi yakin bahwa ada pihak yang tidak ingin Putri Diana mempermalukan pihak kerajaan Inggris dengan telah memperlihatkan terang-terangan perselingkuhannya dengan seorang pengusaha Muslim keturunan Mesir yang sangat kaya raya, Dody Alfayed, sementara diketahui bahwa Lady Diana adalah Ibunda dari pangeran William dan pangeran Harry yang kelak akan menjadi penerus tahta mahkota Kerajaan Inggris Raya.


EMPAT, Sebuah Konspirasi Zionis Israel dalam meluasnya perang antara dua Sudan, yaitu: Sudan dan Sudan Selatan. Banyak analis dari Arab melihat bahwa Israel mempunyai kepentingan terhadap meluasanya perang dua Sudan tersebut untuk terus memperlemah dunia Arab terlebih lagi Mesir yang bertetangga langsung dengan Sudan. Seperti yang diketahui bahwa Sudan Selatan memiliki salah satu senjata penting untuk menghadapi Sudan dan Mesir yakni senjata air Sungai Nil yang sejak sekitar tiga tahun ke belakang ini sering dibahas oleh negara-negara sumber air dari sungai Nil dengan dukungan Israel dikarenakan jatah air Nil untuk Mesir dan Sudan adalah sekitar 88 %.

Peran negeri Zionis seperti itu merupakan strategi yang telah lama direncanakan sebagaimana yang tertulis dalam sebuah buku karangan penulis India, Rustom Khurshedji Karanjia berjudul The Dagger of Israel (belati Israel) yang ditulisnya pada 1957

Karanjia yang juga pemilik tabloid mingguan Blitz setelah keluar dari the Times of India dengan sengaja memberikan judul Belati Israel untuk bukunya sebagai ilustrasi bahwa Israel digambarkan sebagai belati dari luar yang selalu diarahkan ke leher dunia Arab. Dan pada kenyataannya memang seperti itu, sejak negeri Zionis itu berdiri hingga sekarang ini, “belati“ tersebut masih cukup manjur untuk memecahbelah solidaritas Arab.

Sebagian dari isi buku yang bagian kata pengantarnya disampaikan oleh seorang mantan Presiden Mesir, Gamal Abdel Nasser itu berasal dari hasil wawancara dengan Dayan. Diantara isi wawancara itu, seperti yang dikutip oleh analis Arab, Nawaf el-Zrou yakni dokumen rahasia tentang strategi untuk merobohkan dunia Arab dari dalam yang diantaranya dengan membentuk negara baru dalam tubuh dunia Arab.

Oleh karena itu tidak berlebihan bila belum genap sebulan sejak kemerdekaan Sudan Selatan yang diproklamirkan pada 9 Juli 2011, kedua negara yaitu Israel dan Sudan Selatan telah mengumumkan pembukaan hubungan diplomatiknya. Kerjasama kedua negara yang sebelumnya berada dibawah tanah atau rahasia ini sekarang sudah berlangsung di permukaan secara terang-terangan termasuk kerjasama militer untuk memperkuat pertahanan pecahan Sudan itu menghadapi negara induknya.

Aksi provokatif yang dilakukan oleh Sudan Selatan untuk menduduki Heglig di Abyei yang menyebabkan perang perbatasan saat ini menurut Khamis Al-Toubi, seorang analis Arab, tidaklah berdiri dengan sendiri, namun karena mendapatkan lampu hijau dari negeri Zionis itu.


LIMA, Kasus pembunuhan Presiden AS John F Kennedy pada 22 November 1963 masih penuh dengan tanda tanya besar. Lee Harvey Oswald adalah seseorang yang diduga sebagai pembunuh Kennedy ditembak mati oleh Jack Ruby yang kemudian Ia meninggal di penjara karena kanker paru-paru. Terdapat sebuah teori yang menyebut Wakil Presiden Lyndon Johnson sudah mengetahui peristiwa itu bakal terjadi. Hasil penyelidikan kasus itu sendiri tetap dirahasiakan dan telah menimbalkan pertanyaan tak terjawab bagi publik. Bahkan, sejumlah saksi mata akhirnya hilang secara misterius.


ENAM, Ada rumor yang beredar bahwa epidemi penyebaran AIDS pada tahun 1981 didalangi oleh CIA dengan upaya untuk menghapus homoseksual dan keturunan Afrika-Amerika. Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki membantah klaim yang menyebutkan bahwa virus AIDS berasal dari di Afrika. Dia justru menuduh balik pemerintah AS lah yang memproduksi penyakit itu di laboratorium militer. Banyak juga pihak yang bersikeras bahwa pemerintah AS sengaja menyuntikkan virus pada pria gay pada tahun 1978 sebagai bagian dari percobaan.


TUJUH, Ahli teori konspirasi percaya bahwa kematian besar-besaran dari bangsa Yahudi bukanlah ulah Nazi. Banyak orang Yahudi tewas di kamp pengungsian tersebut karena kelaparan dan karena wabah penyakit. Menurut mereka, isu dari pembantaian bangsa Yahudi oleh Nazi merupakan karangan Israel belaka.


DELAPAN, Ada sejumlah pihak mengklaim bahwa vaksin tertentu dapat menyebabkan autisme pada anak. Bahkan, selebriti Jenny McCarthy menduga bahwa autisme yang diderita anaknya adalah disebabkan oleh vaksinasi. Isu ini sontak berkembang dalam beberapa tahun terakhir.


SEMBILAN, Seorang penulis kenamaan dunia, yaitu Mark Twain pernah berkata seperti berikut: "Shakespeare tidak pernah menulis sebuah drama dalam hidupnya." Menurut teori yang berkembang, karya drama Shakespeare telah dikarang oleh beberapa orang, seperti Joseph Hart dan Delia Bacon pada pertengahan abad ke-19.


SEPULUHBekas pendaratan UFO di Roswell, New Mexico hingga saat ini masih dipertanyakan. Beberapa orang memang pernah mengklaim ada benda seperti VCD jatuh di wilayah itu. Namun sikap dari pemerintah AS yang menutup rapat hasil penyelidikan kasus itu membuat banyak orang mempertanyakan kebenaran peristiwa tersebut.


SEBELAS, Illuminati adalah sebuah nama yang diberikan kepada mereka yang memulai 'era pencerahan' di bawah bendera sebuah kelompok rahasia. Sama seperti Freemason, mereka juga membuat petunjuk ke berbagai objek untuk mereka yang mencari pencerahan.


DUA BELAS, Eksperimen Sifilis Tusgekee oleh Amerika Serikat ini berlangsung selama 1932-1972 yang mengorbankan 400 lelaki Afro-Amerika tanpa mereka tahu atau sadar. Orang-orang tersebut hanya diberi tahu bahwa mereka mempunyai "darah kotor" ketimbang dijelaskan bahwa mereka memiliki penyakit menular karena hubungan badan atau sedang diteliti untuk penyakit itu. Studi itu dimaksudkan untuk meneliti apakah penyakit itu memiliki dampak yang berbeda antara lelaki kulit hitam dan kulit putih. Hingga studi berakhir hanya 74 orang dari partisipannya yang hidup.


TIGA BELAS, Wired melaporkan bahwa program CIA ini mengerahkan agen-agennya memberi manusia yang tak sadar tujuannya, obat-obat sebagai cara untuk mengendalikan pikiran. Mereka juga memakai terapi hipnotis, kejut listrik, persuasi sublim dan teknik isolasi. Program ini disebut dalam buku The Men who Stare at Goats, yang kemudian diangkat ke film dengan bintang George Clooney.

  • MK adalah sebuah nama proyek yang mengacu pada Divisi Teknis CIA yang bertugas mengawasi proyek
  • ULTRA adalah istilah bagi CIA untuk proyek intelijen paling rahasia.



TIGA BELAS, Operasi Penjepit Kertas adalah rencana rahasia untuk membawa beberapa ilmuwan Nazi ke Amerika untuk kemudian bekerja pada CIA di akhir Perang Dunia II. Operasi ini akhirnya dibongkar oleh wartawan bernama Annie Jacobsen dalam bukunya, Operation Paperclip: The Secret Intelligence Program that Brought Nazi Scientists to America. Menurut Ynet yaitu situs berita Israel, para ilmuwan tersebut membantu Amerika untuk mengembangkan senjata kimia dan bekerja bersama ilmuwan Amerika untuk mengembangkan LSD (Lysergic Acid Diethylamide), sejenis narkotika.


EMPAT BELAS, Pada 1990 seorang gadis 15 tahun yang dikenal sebagai "Nayirah" memberi bukti kepada Kongres Amerika Serikat yang memicu sebuah dukungan untuk Perang Teluk pertama. Gadis itu telah mengklaim bahwa tentara Irak memindahkan bayi-bayi dari inkubator dan membiarkan mereka mati. Tapi, faktanya belakangan ditolak oleh Amnesty International. Setelah perang berakhir, New York Times melaporkan bahwa "Nayirah" tersebut sebenarnya anak duta besar Kuwait dan pengakuannya diatur oleh perusahaan public relation Hill & Knowlton.


LIMA BELAS, Pada 15 April 1989, 96 orang penggemar Liverpool meninggal dalam kebakaran dan ratusan lainnya cedera ketika menonton semifinal Piala FA (Football Association) di stadion Hillsborough. Pada 2011 seorang pensiunan hakim yang mengklaim bahwa para keluarga dari orang yang meninggal harus membuang jauh-jauh "teori konspirasi" soal apa yang terjadi dalam kecelakaan itu. Pada 2012 sebuah penyelidikan menunjukkan bagaimana polisi membuat sebuah "langkah-langkah yang diperlukan" agar tak disalahkan atas tragedi itu. Hingga kini penyelidikan masih berlanjut dan bukti-bukti baru tentang usaha untuk menutup-nutupi itu bermunculan.


ENAM BELAS, Media Amerika, Slate, melaporkan, pemerintah Amerika Serikat sengaja meracuni alkohol di masa Undang-undang Pelarangan Minuman Keras atau Prohibition Act dalam usaha untuk menyuarakan larangan minum-minuman keras pada 1920-an. Sekitar 700 orang meninggal karena perbuatan itu.


TUJUH BELAS, Operation Northwoods adalah sekumpulan proposal tindakan terhadap Kuba yang dirancang oleh Departemen Pertahanan dan Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat pada 1962. Ini adalah rencana Perang Dingin oleh pemerintah Amerika Serikat guna membuat serangan palsu di Amerika yang telah dirancang untuk mengkambinghitamkan Kuba dan mencari dukungan untuk perang terhadap negara komunis di Amerika Latin itu. Catatan menunjukkan bahwa itu tak pernah berhasil diwujudkan.


Masih banyak lagi Teori Konspirasi dunia yang dilakukan oleh seseorang, kelompok, bahkan negara-negara adidaya-superpower untuk mengeruk keuntungan pribadi.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini