Seputar Tentang Buah Ceremai Yang Harus Kamu Tahu

9:53:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Ada bermacan jenis tumbuhan yang tumbuh di permukaan bumi ini. Dari pohon-pohon besar yang tidak berbuah sampai pohon-pohon yang berbuah lebat. Ada juga tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, tidak hanya batangnya namun hingga daunnya. Salah satunya adalah tumbuhan yang sering kita dengar, yaitu ceremai. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang seputar tentang buah ceremai yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.

Cerme atau ceremai merupakan nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah yang rasanya masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), karmay (Ilokano, Fil.), chermai (Mal.),  mayom (Thai.) dan lain-lain. 

Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus


CIRI - CIRI TANAMAN CEREMAI

Perdunya atau pohon kecilnya memiliki ketinggian sampai dengan 9 m, bercabang rendah dan renggang. Sekilas, pohon cerme mirip dengan pohon belimbing wuluh. Daun tunggal, bundar telur dengan ujung agak meruncing, panjangnya 2-7 cm, dan tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip. Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai hingga 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, berwarna kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam dan banyak berair, di tengah buahnya terdapat inti yang keras dengan jumlah biji 4-6 butir. 



MANFAAT BUAH CEREMAI

Buah cerme sering dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Cerme juga kerap dibuat manisan, direbus atau dibuat sebagai minuman penyegar. Daun mudanya digunakan sebagai lalapan. Rebusan akar cerme digunakan untuk meringankan asma dan mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak juga dihasilkan dari kulit akarnya. Pohon cerme umunya ditanam sebagai peneduh atau sebagai penghias halaman dan taman. Pohon ini dapat tumbuh di daerah tropik dan subtropik, menyukai tempat yang lembab sampai ketinggian sekitar 1.000 m dari permukaan laut. Tanaman Cerme dapat dikembangbiakkan melalui biji atau stek. 


PENYEBARAN POHON CEREMAI

Cerme diperkirakan berasal dari Madagaskar. Kini tanaman cerme telah menyebar ke berbagai wilayah tropis seperti di Asia Tenggara seperti Indonesia, Vietnam, Laos, dan Malaya bagian utara, Réunion dan Rodrigues di Samudra Hindia, kepulauan-kepulauan Mauritius, Guam, Hawaii dan beberapa kepulauan lain di Samudra Pasifik. selatan, Pada tahun 1793, tanaman ini dibawa ke Jamaika dari Timor, semenjak saat itu menyebar luas ke seluruh kepulauan Karibia, kemudian diikuti dengan masuknya ke Amerika Tengah dan Selatan


JENIS KERABAT POHON CEREMAI

Pohon Cerme berkerabat dekat dengan meniran (P. niruri) serta pohon malaka (Phyllanthus emblica). Keduanya adalah tumbuhan yang berkhasiat obat.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini