Pengertian Nilai Toleransi dan Kapasitas Daya Resistor Lengkap

12:17:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian nilai toleransi dan kapasitas daya resistor yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


NILAI TOLERANSI RESISTOR

Toleransi resistor adalah perubahan nilai resistansi dari nilai yang tercantum pada badan resistor yang masih diperbolehkan dan dinyatakan resistor tersebut berada dalam kondisi baik. Toleransi resistor merupakan salah satu perubahan karakteristik resistor yang terbentuk akibat operasional resistor tersebut.

Nilai toleransi resistor ini ada beberapa macam yaitu resistor dengan toleransi kerusakan 1% atau resistor 1%, resistor dengan toleransi kesalahan 2% atau resistor 2%, resistor dengan toleransi kesalahan 5% atau resistor 5% dan resistor dengan toleransi 10% atau resistor 10%.


Nilai toleransi resistor ini selalu dicantumkan pada kemasan resistor tersebut dengan kode warna maupun kode huruf. Sebagai contoh resistor dengan toleransi 5% maka akan dituliskan dengan kode warna di resistor pada cincin ke 4 warna emas atau dengan kode huruf J pada resistor dengan kemasan besar. Resistor yang dijual di pasaran pada umumnya resistor 5% dan resistor 1%.


KAPASITAS DAYA RESISTOR

Kapasitas daya pada resistor merupakan nilai daya maksimum yang dapat dilewatkan oleh sebuah resistor tersebut. Nilai kapasitas daya resistor ini dapat dikenali dari ukuran fisik resistor dan tulisan nilai kapasitas daya dalam satuan Watt untuk resistor dengan kemasan fisik besar

Menentukan kapasitas daya resistor ini sangat penting dilakukan agar resistor terhindar dari kerusakan karena terjadi kelebihan daya yang mengalir di dalamnya sehingga resistor terbakar dan sebagai bentuk dari efisiensi biaya dan tempat dalam pembuatan rangkaian elektronika.



Itu tadi adalah pembahasan tentang Pengertian Nilai Toleransi dan Kapasitas Daya Resistor Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Populer Hari Ini