Pengertian Komponen Biotik Dalam Ekosistem Lengkap

9:17:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Alam menyediakan berbagai hal untuk menunjang suatu kehidupan. Alam menyediakan banyak hal yang dapat digunakan untuk menjaga suatu aliran energi pada ekosistem. Pada sebuah ekosistem sendiri dibagi menjadi 2 buah komponen penunjang kehidupan, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian komponen biotik dalam ekosistem yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN LINGKUNGAN BIOTIK

Seluruh makhluk hidup yang ada di bumi termasuk komponen biotik. Di dalam ekosistem, komponen biotik memiliki peranan dan tugas tertentu. Organisme dapat dibedakan menjadi tiga berdasarkan peranannya, yaitu sebagai produsen, konsumen, dan pengurai atau dekomposer.



KELOMPOK KOMPONEN BIOTIK


1. PRODUSEN

Kehidupan manusia dan hewan sangatlah bergantung kepada adanya tumbuhan. Mengapa? Karena sinar matahari adalah sumber energi utama bagi kehidupan di bumi. Sinar matahari tersebut digunakan oleh tumbuhan yang memiliki zat klorofil untuk membantu dalam proses fotosintesis.

Pada proses fotosintesis, karbon dioksida atau CO2 dan air atau H2O akan diubah serta diproses secara kimia sehingga menghasilkan zat karbohidrat sebagai bahan makanan bagi tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Karena itulah tumbuhan berperan sebagai produsen, karena tumbuhan menyediakan makanan bagi makhluk hidup lainnya.

Tumbuhan disebut dengan autotrof, karena tumbuhan dapat membuat makanan sendiri. Tumbuhan yang menggunakan bantuan sinar matahari untuk membantu proses fotosintesis disebut fotoautotrof.

Contoh tumbuhan yang termasuk ke dalam fotoautotrof antara lain pohon jati, pohon pisang, palem, ganggang atau alga, pakis haji, dan berbagai tumbuhan biji lainnya.

Bakteri juga berperan sebagai produsen, namun tidak menggunakan sinar matahari untuk proses pembuatan makanannya, melainkan menggunakan cadangan dari energinya dalam bentuk senyawa kimia. Proses pembuatan makanan pada bakteri ini disebut kemoautotrof.

Kemoautotrof adalah organisme bersel tunggal yang dapat membuat makanan namun tidak dengan bantuan sinar matahari tetapi dengan menggunakan cadangan energinya dalam bentuk senyawa kimia.


2. KONSUMEN

Konsumen adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, namun menggunakan makanan yang dihasilkan oleh organisme lain atau makhluk hidup yang berperan sebagai produsen.

Hampir makhluk hidup serta tumbuhan yang tidak mempunyai zat klorofil termasuk sebagai konsumen. Karena tidak mampu membuat makanan sendiri, konsumen disebut juga heterotrof.

Organisme yang secara langsung memakan produsen disebut dengan herbivora. Herbivora disebut konsumen tingkat pertama, contohnya kelinci, sapi, kambing, dan belalang. Makhluk hidup yang memakan konsumen tingkat pertama disebut sebagai konsumen tingkat kedua.

Seluruh konsumen tingkat kedua adalah pemakan daging, yang disebut dengan karnivora. Kemudian karnivora yang memakan konsumen tingkat kedua tadi disebut sebagai konsumen tingkat ketiga. Lalu konsumen tingkat keempat adalah pemakan konsumen tingkat ketiga, dan seterusnya.


3. DEKOMPOSER

Setiap makhluk hidup pasti akan mati. Bagian dari tubuh makhluk hidup yang telah mati atau sisa dari makhluk hidup tersebut akan diuraikan menjadi zat-zat yang lebih sederhana oleh bentuan dekomposer atau biasa disebut organisme pengurai. Contohnya adalah bakteri dan jamur.

Proses penguraian sangat penting dalam sebuah ekosistem. Sampah, kotoran, dan sisa-sisa makhluk hidup akan diuraikan sehingga menghasilkan berbagai macam mineral yang ada di dalam tanah yang kemudian akan digunakan oleh organisme lain.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini