Pengertian Komponen Abiotik Dalam Ekosistem Lengkap

7:31:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Alam menyediakan berbagai hal untuk menunjang suatu kehidupan. Alam menyediakan banyak hal yang dapat digunakan untuk menjaga suatu aliran energi pada ekosistem. Pada sebuah ekosistem sendiri dibagi menjadi 2 buah komponen penunjang kehidupan, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian komponen abiotik dalam ekosistem yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN LINGKUNGAN ABIOTIK

Lingkungan abiotik adalah sesuatu yang tak hidup yang sangat menentukan jenis makhluk hidup yang menghuni suatu ekosistem. Komponen abiotik terdiri dari tanah, temperatur, air, udara, dan sinar matahari. Komponen abiotiklah yang menentukan banyak jumlah serta jenis organisme yang dapat hidup pada suatu ekosistem.



KELOMPOK KOMPONEN ABIOTIK


1. TANAH

Tanah termasuk faktor abiotik yang terdiri dari kombinasi udara, mineral, air, dan bahan organik yang bersumber dari penguraian tumbuhan atau hewan yang telah mati. Perbedaan zat penyusun suatu tanah akan menghasilkan jenis tanah yang beragam.

Jenis tanah tersebut akan memengaruhi beragam jenis makhluk hidup pada ekosistem. Pada ekosistem bertanah tandus akan ditemukan sedikit organisme. Lain halnya dengan ekosistem di daerah yang tanahnya subur serta gembur akan ditemukan banyak ragam organisme.


2. TEMPERATUR

Temperatur atau suhu ikut serta dalam menentukan jenis organisme yang dapat hidup di suatu ekosistem tertentu. Pada daerah bersuhu dingin atau bersalju akan sering ditemukan burung penguin, beruang salju, dan panda. Karena hewan-hewan ini hanya dapat hidup di tempat yang bersuhu rendah.

Dan di padang pasir akan sering ditemukan unta dan pohon kurma. Karena mereka hanya dapat hidup di tempat yang bersuhu tinggi.


3. AIR

Air adalah bagian terbesar dari ekosistem yang ada di bumi. Pada daerah perairan ini dapat dihuni oleh hewan yang berukuran paling kecil sampai yang paling besar. Mulai dari ikan kecil, ikan hiu, paus, dan tumbuhan yang terkecil hidup di air, mereka akan mati jika tidak terdapat air.

Air sangat penting bagi semua makhluk hidup untuk proses kehidupannya. Pada tubuh kita pun bagian terbanyak adalah air yang berjumlah mencapai dua pertiga dari berat tubuh kita.


4. SINAR MATAHARI

Matahari adalah sebagai sumber energi utama bagi seluruh organisme hidup yang ada di bumi. Sinar matahari akan diserap oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Kemudian fotosintesis akan menghasilkan makanan serta oksigen yang dibutuhkan untuk kehidupan.

Sinar matahari juga sangat memengaruhi temperatur lingkungan, karena temperatur lingkungan sangat berpengaruh terhadap kehidupan organisme.



Demikian penjelasan tentang Pengertian Komponen Abiotik Dalam Ekosistem Lengkap. Semoga  artikel di atas bermanfaat.

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini