Jenis - Jenis Register Geser Beserta Cara Kerjanya Lengkap

3:03:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang jenis-jenis register geser beserta cara kerjanya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.




SERIAL INPUT SERIAL OUTPUT (SISO)

Serial Input Serial Output adalah sebuah register geser dengan masukan berurutan keluaran berurutan.

IC pembentuk : 74LS74

Cara kerja:
Informasi atau data dimasukan secara berurutan yang kemudian akan dikeluarkan jika clock berganti dari 1 ke 0. Karena jika jalan keluar flip-flop satu dihubungkan dengan jalan masuk flip-flop berikutnya, maka informasi atau data di dalam register akan digeser ke kanan.


SERIAL INPUT PARALEL OUTPUT (SIPO)

Serial Input Paralel Output adalah sebuah register geser dengan masukan berurutan keluaran serentak.

IC pembentuk : 74LS164

Cara kerja:
Masukan-masukan informasi atau data dimasukan secara berurutan dan akan dikeluarkan oleh D-FF setelah masukan clock berpindah dari 0 ke 1. Keluaran informasi atau data serial akan dapat dibaca secara paralel setelah diberikan satu perintah yaitu Read Out. Bila dijalan masuk Read Out tersbut diberi logika 0, maka semua keluaran dari gerbang AND adalah 0 dan bila Read Out diberi logika 1, maka gerbang AND akan menghubung langsung sinyal-sinyal yang ada di Q pada masing-masing flip-flop.


PARALEL INPUT SERIAL OUTPUT (PISO)

Paralel Input Serial Output adalah sebuah register geser dengan masukan serentak keluaran berurutan.

IC pembentuk : 74LS74, 74LS76


Cara Kerja:
Mula-mula jalan masuk Data Load diberi logika 0, maka semua gerbang NAND mengeluarkan logika 1, sehingga jalan masuk set dan reset semuanya berlogika 1 berarti bahwa jalan masuk bagian set dan reset tidak berpengaruh pada rangkaian ini. Jika Data Load diberi logika 1, maka semua input paralel akan dilewatkan oleh gerbang NAND.

Misalkan jalan masuk A berlogika 1, maka gerbang NAND pertama mengeluarkan logika 0 dan gerbang NAND kedua mengeluarkan logika 1. Dengan demikian flip-flop akan diset sehingga menjadi Q berlogika 1. Karena flip-flop yang lain akan dihubungkan dengan cara yang sama, maka mereka juga memindahkan informasi pada saat Data Load diberi logika 1. Setelah informasi berada di dalam register tersebut, Data Load diberi logika 0.

Informasi akan dapat langsung dikeluarkan dari register dengan cara memasukkan sinyal denyut, denyut demi denyut keluar deret maupun seri. Untuk keperluan ini jalan masuk D harus dihubungkan kepada keluaran Q.


PARALEL INPUT PARALEL OUTPUT (PIPO)

Paralel Input Paralel Output adalah sebuah register geser dengan masukan serentak keluaran serentak.

IC pembentuk : 74LS774, 74LS173.

Cara kerja:
Sebelum memasukkan informasi atau data kedalam register, rangkaian direset dahulu agar keluaran Q semuanya berlogika 0. Setelah itu data barulah dimasukkan secara paralel pada input D-FF dan data kemudian akan diloloskan keluar secara paralel setelah flip-flop mendapat sinyal clock dari logika 0 ke logika 1.



Demikian penjelasan tentang Jenis - Jenis Register Geser  Beserta Cara Kerjanya Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini