Jenis - Jenis Dioda Beserta Gambar dan Penjelasannya Lengkap

9:29:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang jenis-jenis dioda beserta gambar yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti. Setelah sebelumnya kita membahas tentang Pengertian Dioda Pada Rangkaian Elektronika Lengkap.



JENIS - JENIS DIODA


1. Light Emiting Diode (Dioda Emisi Cahaya)

Dioda yang disingkat LED ini adalah salah satu piranti elektronik yang menggabungkan dua unsur yaitu optik dan elektronik yang biasa disebut sebagai Opteolotronic. Dengan masing-masing elektrodanya berupa anoda (+) dan katroda (-), dioda jenis ini dapat dikategorikan berdasarkan arah biasnya dan diameter cahaya yang dihasilkan, dan warnanya



2. Diode Photo (Dioda Cahaya)

Dioda jenis ini merupakan dioda yang peka terhadap cahaya, yang bekerja pada pada daerah reverse tertentu sehingga arus cahaya tertentu saja yang dapat melewatinya, dioda ini biasa dibuat menggunakan bahan dasar silikon dan geranium.


Saat ini dioda cahaya banyak digunakan untuk alarm, pita data berlubang yang berfungsi sebagai sensor, dan alat pengukur cahaya atau Lux Meter.


3. Diode Varactor (Dioda Kapasitas)

Dioda jenis ini adalah dioda yang unik, karena pada dioda ini memiliki nilai kapasitas yang dapat berubah-ubah sesuai dengan besar kecilnya nilai tegangan yang akan diberikan kepada dioda ini. Contoh, jika tegangan yang diberikan besar, maka kapasitasnya akan menurun, dan akan berbanding terbalik jika diberikan tegangan yang rendah akan semakin besar kapasitasnya, pembiasan dioda ini secara reverse.


Dioda jenis ini biasa digunakan sebagai pengaturan suara pada televisi, dan pesawat penerima radio.


3. Diode Rectifier (Dioda Penyearah)

Dioda jenis ini adalah dioda penyearah arus atau tegangan yang diberikan, contohnya seperti arus bolak-balik atau  disearahkan sehingga menghasilkan arus searah. Dioda jenis ini memiliki sifat yang berbeda-beda sesuai dengan nilai kapasitas tegangan yang dimiliki.



4. Diode Zener

Dioda jenis ini adalah dioda yang mempunyai kegunaan sebagai penyelaras tegangan baik yang diterima maupun yang dikeluarkan, sesuai dengan nilai kapasitas dari dioda tersebut, contoh jika dioda ini memiliki kapasitas 5,1 V, maka jika tegangan yang diterima lebih besar dari nilai kapasitasnya, maka tegangan yang dihasilkan akan tetap 5,1 Volt tetapi jika tegangan yang diterima lebih kecil dari kapasitasnya yaitu 5,1 Volt, dioda ini tetap mengeluarkan tegangan sesuai dengan inputnya.




Itu tadi adalah penjelasan tentang Jenis - Jenis Dioda Beserta Gambar dan Penjelasannya Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca juga

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini