Cara Membaca Kode Warna Resistor Lengkap

11:23:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Semua komponen elektronika pasti mempunyai kode yang dapat dibaca untuk memudahkan pemilihan komponen, baik itu kode huruf atau kode warna. Oleh karena itu, pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang cara membaca kode warna resistor yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.




CARA MEMBACA KODE WARNA RESISTOR

Cicin warna yang terdapat pada resistor terdiri dari 4 cincin, 5 cincin, dan 6 cincin warna. Dari cicin warna yang ada pada sebuah resistor tersebut memiliki arti dan nilai dimana nilai resistansi sebuah resistor dengan kode warna yaitu :

Gambar : Kode warna resistor

Resistor Dengan 4 Cincin Kode Warna
Maka cincin ke 1 dan cincin ke 2 adalah digit angka, dan cincin kode warna ke 3 adalah faktor pengali, kemudian cincin kode warnake 4 menunjukan nilai toleransi pada resistor.

Resistor Dengan 5 Cincin Kode Warna
Maka cincin ke 1, cincin ke 2 dan cincin ke 3 merupakan digit angka, dan cincin kode warna ke 4 adalah faktor pengali, kemudian cincin kode warna ke 5 menunjukan nilai toleransi sebuah resistor.

Resistor Dengan 6 Cincin Kode Warna
Resistor yang memiliki 6 buah cicin warna pada prinsipnya sama dengan resistor yang memiliki 5 cincin warna dalam menentukan nilai resistansi dari resistor tersebut. Cincin ke 6 menentukan koefisien temperatur yaitu batas temperatur maksimum yang diijinkan untuk resistor tersebut.


Itu tadi adalah bagaimana Cara Membaca Kode Warna Resistor Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini