Ruang Lingkup Dalam Layanan e-Government Lengkap

7:47:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ruang lingkup dalam layanan e-government yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti. 



RUANG LINGKUP E-GOVERNMENT

Ruang lingkup dari penggunaan e-Government secara menyeluruh mencakup pada:


Government to Citizens (Pemerintah ke Masyarakat)

Pemerintah tengah berupaya untuk membangun dan menerapkan berbagai jenis aplikasi teknologi informasi yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan dan menjalin kemudahan berinteraksi dengan masyarakat. Contoh : e-KTP yang sudah kita miliki sekarang.


Government to Business (Pemerintah ke Pelaku Usaha)

Contoh kecilnya pada saat proses perizinan untuk pendirian usaha dan investasi, pengadaan aktivitas lelang oleh pemerintah, dan kegiatan lain yang membutuhkan jaringan informasi secara online bagi pelaku usaha.


Government to Government (Pemerintah ke Pemerintah)

Memperlancar hubungan kerjasama antar negara dengan dimudahkannya dalam proses komunikasi, seperti kepentingan diplomasi, atau berbagai jenis informasi yang dianggap sangat penting oleh negara yang satu dan lainnya.


Government to Employees (Pemerintah ke Aparatnya)

Keadaan internal juga dapat menjadi tempat diterapkannya layanan e-Government dalam upaya kemudahan berbagi data dan informasi atau akses berbagai tugas atau hasil kerja dan lainnya. Contohnya bisa diumpamakan seperti sistem Kartu Rencana Semester atau KRS online yang diberlakukan di Universitas dimana Rektorat menjadi pemerintahnya dan Dosen serta mahasiswa dan mahasiswi menjadi aparat yang berada dalam suatu organisasi tersebut.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini