Pengertian Simbiosis dan Jenisnya Beserta Contoh Lengkap

10:07:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Simbiosis dan Jenisnya Beserta Contoh yang merupakan bentuk interaksi yang terjadi di dalam ekosistem yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti. Termasuk di dalamnya pengertian simbiosis mutualisme, pengertian simbiosis komensalisme, dan pengertian simbiosis parasitisme.

Apakah hewan dan tumbuhan melakukan suatu hubungan juga seperti manusia?

Di alam yang kita huni ini tak ada satu pun organisme yang dapat hidup sendirian tanpa melakukan interaksi dengan makhluk lainnya. Mereka, hewan dan tumbuhan serta kita manusia saling membutuhkan dan selalu melakukan interaksi.

Bentuk dari interaksi ini sendiri yang sangat erat antara dua atau lebih jenis makhluk hidup yang kemudian akan membentuk sebuah hubungan yang khas yang biasa kita disebut dengan simbiosis.



JENIS - JENIS SIMBIOSIS

Terdapat tiga bentuk simbiosis yang dilakukan makhluk hidup, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Jika makhluk hidup tidak melakukan salah satu dari 3 pola interaksi itu, maka komunitas pun tidak dapat terbentuk.


1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah suatu interaksi yang dilakukan antara dua jenis atau lebih makhluk hidup yang berbeda jenis dan saling menguntungkan. Kita ambil contoh interaksi protista Flagellata yang berada di dalam tubuh rayap. Flagellata ini dapat hidup di dalam tubuh rayap karena ia juga membantu rayap dalam mencerna kayu melalui proses pelapukan

Contoh berikutnya yaitu kupu-kupu pasti memerlukan madu yang harus diisapnya dari bunga, dan bunga juga memerlukan kupu-kupu untuk membantu dalam proses reproduksi.


2. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme adalah suatu interaksi antara dua jenis atau lebih makhluk hidup yang berbeda jenis, salah satu individu akan mendapat keuntungan, dan individu lainnya tidak akan diuntungkan dan tidak akan dirugikan

Kita ambil contoh yaitu tanaman anggrek yang menempel dengan pohon yang inangnya. Biasanya tanaman aggrek akan menempel pada bagian atas batang pohon inangnya agar mendapat cahaya matahari yang cukup agar dapat melakukan fotosintesis

Contoh lainnya yaitu pada ikan hiu atau ikan besar dengan seekor ikan remora atau ikan kecil. Seekor ikan hiu tidak akan diuntungkan dan tidak akan dirugikan dengan keberadaan ikan remora yang menempel pada tubuh ikan hiu. Sedangkan ikan remora akan mendapat keuntungan dari sisa-sisa makanan ikan hiu tadi.


3. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Parasitisme adalah suatu interaksi antara dua jenis atau lebih makhluk hidup yang berbeda jenis, salah satu individu akan mendapat keuntungan namun individu yang lainnya akan dirugikan karena terdapat parasit. 

Parasit adalah organisme yang menempel pada organisme lain untuk hidup dan organisme yang menjadi tempat menempel parasit disebut inang. Biasanya inang yang ditempelinya jarang ada yang sampai mati. 

Kita ambil contoh pada tumbuhan tali putri dengan inangnya. Tali putri akan mendapat tempat hidup dengan menempel dan makan dari inangnya, sedangkan inangnya akan mengalami kerugian, karena makanan yang ia hasilkan akan diambil oleh tali putri.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini