Kronologi Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan

7:38:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Pemberontakan terus terjadi dan tercatat dalam buku sejarah bangsa Indonesia. Pemberontakan kepada negara terus saja berlangsung, setelah terjadi pemberontakan di tanah Jawa, Sulawesi, dan Aceh. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang kronologi pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan.



KRONOLOGI

Pada bulan Oktober 1950 seorang bekas Letnan Dua TNI bernama Ibnu Hajar memberontak dan menyatakan bahwa gerakannya merupakan bagian dari DI/TII Kartosuwiryo. Ia memimpin pasukan yang diberi nama "Kesatuan Rakyat Yang Tertindas." Mereka menyerang pos-pos kesatuan TNI di Kalimantan Selatan dan melakukan tindakan-tindakan pengacauan.

Mula-mula pemerintah memberi kesempatan kepada Ibnu Hajar untuk menyerah dan akan diterima kembali menjadi anggota TNI. Ia pun menyerah dan diterima menjadi anggota TNI lagi. Tetapi setelah mendapat perlengkapan Ibnu Hajar melarikan diri dan melanjutkan pemberontakan. 

Pemerintah bertindak tegas. Pasukan TNI dikerahkan untuk menggempurkan gerombolan Ibnu Hajar. Akhir tahun 1959 Ibnu Hajar tertangkap. Seluruh anggota gerombolan dapat dimusnahkan.



Demikian adalah penjelasan tentang Kronologi PemberontakanDI/TII di Kalimantan Selatan. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini