Pengertian Unsur Geografis Suatu Wilayah Lengkap

10:03:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Setiap wilayah atau negara pasti memiliki bentang alam yang beragam. Keanekaragaman bentang alam tersebut menjadikan pembeda di antara wilayah satu dengan lainnya yang disebut debagai unsur geografis. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian unsur geografis suatu wilayah yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN UNSUR GEOGRAFIS

Unsur Geografi adalah keadaan alam di muka bumi yang membuat lingkungan hidup manusia. Yang termasuk unsur geografis adalah sebuah bentang alam, letak, luas, iklim, batas dan sebagainya. Unsur geografis merupakan salah satu obyek geografis. Obyek geografis digolongkan menjadi dua, yaitu : ojek geografis fisik dan objek geografis non fisik. Objek geografis fisik antara lain bentang alam, letak, batas, luas,  dan iklim. Sedangkan objek geografis non fisik adalah keadaan penduduk dan aktivitasnya.



UNSUR GEOGRAFIS ASIA TENGGARA

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang unsur geografis di kawasan Asia Tenggara.


1. Bentang Alam Asia Tenggara 

Bentang alam adalah suatu keadaan umum tentang suatu wilayah.


Dari gambar peta di atas dapat kita lihat bahwa wilayah Asia Tenggara terbagi atas dua bagian utama, yaitu :
  • Daratan Benbentuk Semenanjung. Semenanjung adalah tanjung yang besar. Wilayah yang berbentuk sebuah semenanjung adalah Laos, Myanmar, Thailand,  Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat.
  • Letak Geografis.  Wilayah Asia Tenggara terletak di antara dua Benua yaitu Benua Asia dan Australia dan dua Samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.


2. Letak, Luas, dan Batas 

Letak suatu wilayah dapat ditinjau secara astronomis dan juga geografisnya. Letak astronomis adalah letak yang didasakan pada garis lingtang dan garis bujur. Sedangkan letak geografis adalah letak wilayah yang berdasarkan posisi suatu wilayah terhadap wilayah lainnya. Letak astronomis Asia Tenggara adalah 28° LU - 11° LS dan 92° BT - 141° BT. Letak geografis kawasan Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu :
  • Teluk Benggala dan Samudra Hindia di bagian barat
  • Laut Cina Selatan di utara
  • Samudera Pasifik di timur
Luas wilayah di Asia Tenggara beserta wilayah perairannya adalah ±4.511.167 km²


3. Keadaan Iklim 

Iklim merupakan salah satu unsur geografis. Iklim adalah sebuah keadaan rata-rata cuaca di daerah yang sangat luas dan dalam jangka waktu lama. Iklim ada dua jenis, yaitu iklim fisis dan iklim matahari. Iklim matahari adalah keadaan iklim yang didasarkan pada letak suatu wilayah terhadap garis astronomis bumi.


Kawasan Asia Tenggara secara astronomis terletak antara 28° LU - 11° LS. Dengan ini wilayah Asia Tenggara berada di daerah yang beriklim tropis. Hanya sebagian kecil kawasan Asia Tenggara yang memiliki iklim subtropis yaitu Myanmar bagian utara. Selain iklim matahari, keadaan iklim dapat ditinjau dari keadaan fisik daratan dan wilayah peairan. Keadan iklim yang ditinjau dari keadaan fisik muka bumi dan wilayah perairan disebut iklim fisis. Beberapa iklim fisis di wilayah Asia Tenggara adalah sebagai berikut :
  • Iklim Laut. Iklim ini dipengaruhi oleh angin laut. Hal ini dapat terjadi karena wilayah Asia Tenggara dikelilingi laut yang luas.
  • Iklim Gunung. Iklim ini dipengaruhi oleh adanya gunung-gunung tinggi.
  • Iklim Dataran Rendah. Iklim ini dipengaruhi oleh adanya dataran rendah yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini