Cara Menginterpretasikan Peta Topografi Lengkap

8:28:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Bentuk muka bumi atau yang biasa disebut sebagai relief daratan dapat diamati secara langsung di lapangan, namun dapat juga dengan melihat peta. Dari sebuah peta kita akan dengan mudah mengetahui bentuk reflief dari suatu tempat/wilayah. Dari sebuah peta kita akan melihat gunung, pegunungan, daratan rendah, sungai, danau, pantai, laut, selat, dan lain-lainnya. 

Jadi interpretasi peta adalah bagaimana kita memahami simbol-simbol yang ada pada peta serta hubungan dengan simbol-simbol lainnya. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang cara menginterpretasikan peta topografi yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.




APA SIH PETA TOPOGRAFI ITU?

Peta Topografi adalah peta yang menggambarkan tinggi rendahnya muka bumi. Dari peta topografi kita akan dengan mudah mengetahui ketinggian suatu tempat secara akurat. Cara menginterpretasikan peta topografi berbeda dengan peta umum karena simbol yang akan digunakan berbeda. Sebelum menginterpretasikan peta topografi, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Siapkan sebuah peta topografi yang akan diinterpretasikan, misalnya peta Pulau Jawa
  2. Perhatikan legenda untuk memahami makna dari beberapa simbol yang terdapat pada peta topografi tersebut.
  3. Perhatikan persebaran data pada wilayah tersebut
  4. Perhatikan tahun pembuatan peta agar kita dapat mengetahui apakah peta yang akan digunakan masih relevan atau tidak.


BENTUK MUKA BUMI PADA PETA TOPOGRAFI

Pada peta topografi akan menggambarkan garis-garis kontur yang menunjukkan relief muka bumi. Kontur adalah garis khayal yang menghubungkan titik-titik yang mempunyai ketinggian yang sama. Kontur ini dapat memberikan informasi relief, baik secara relatif, maupun secara absolute. Informasi relief secara relatif  ini, diperlihatkan dengan menggambarkan garis-garis kontur secara rapat untuk daerah terjal, sedangkan untuk daerah yang landai dapat di perlihatkan dengan menggambarkan garis-garis tersebut secara renggang.

Informasi relief secara absolute, diperlihatkan dengan cara menuliskan nilai kontur yang merupakan ketinggiangaris tersebut  diatas suatu bidang acuan tertentu. Bidang acuan yang umum digunakan adalah bidang permukaan laut rata-rata. Interval kontur ini sama dengan beda tinggi antar kedua kontur. Interval sangat bergantung kepada skala peta, juga pada relief permukaan. Bentuk-bentuk muka bumi tersebut dalam kotntur adalah sebagai berikut :



Lereng

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini