Pengertian Pulse Width Modulation (PWM) Lengkap

2:30:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Untuk mendapatkan sebuah sinyal yang baik tanpa ada gangguan, perlu dilakukan beberapa teknik tertentu, salah satunya adalah dengan memanipulasi lebar pulsa. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian pulse width modulation (PWM) yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN PULSE WIDTH MODULATION

Pulse Width Modulation atau disingkat (PWM) secara umum adalah sebuah cara memanipulasi tebal sinyal yang dinyatakan dengan pulsa dalam satu periode, untuk mendapatkan nilai tegangan rata-rata yang berbeda-beda. Beberapa contoh aplikasi PWM adalah pemodulator data untuk telekomunikasi, pengontrol daya atau tegangan yang masuk ke beban, regulator tegangan, audio effect, dan lain-lain.


Aplikasi PWM berbasis mikrokontroler biasanya berupa pengendalian kecepatan motor DC, pengendalian motor servo, dan pengaturan nyala terang sebuah LED. Oleh karena itu diperlikan pemahaman terhadap konsep PWM itu sendiri.


KONSEP DASAR PULSE WIDTH MODULATION

Sinyal PWM biasanya memiliki amplitudo dan frekuensi dasar yang tetap namum memiliki lebar pulsa yang bermacam-macam. Lebar pulsa PWM berbanding lurus dengan amplitudo pada sinyal aslinya yang berlum temodulasi. Yang artinya sinyal PWM memiliki sebuah frekuensi gelombang yang tetap namun dutycycle bervariasi.

Pulse Width Modulation merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sinyal analog dari sebuah piranti digital. Sebenarnya sinyal PWM dapat dibangkitkan dengan banyak cara, secara analog atau secara digital.


PERBEDAAN PWM SECARA ANALOG DAN DIGITAL

Secara analog adalah secara perubahan analognya yang sangat halus. Sedangkan secara digital adalah setiap perubahan PWM dipengaruhi oleh resolusi PWM itu sendiri. Resolusi  adalah jumlah variasi nilai PWM tersebut. Misalkan suatu PWM memiliki resolusi 8 bit, berarti PWM ini memiliki variasi perubahan nilai yang mewakili dutyucycle 0% - 100% dari keluaran PWM tersebut.



Demikian penjelasan tentang Pengertian Pulse Width Modulation (PWM) Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Baca juga

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini