Pengertian Pulse Code Modulation (PCM) Lengkap

2:58:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Untuk mendapatkan sebuah sinyal yang baik tanpa ada gangguan, perlu dilakukan beberapa teknik tertentu, salah satunya adalah dengan memanipulasi kode pulsa. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian pulse code modulation (PCM) yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN PULSE CODE MODULATION

Pulse Code Modulation yang disingkat (PCM) adalah salah satu teknik memproses suatu sinyal analog menjadi sinyal digital yang ekuivalen. PCM adalah perluasan dari PAM yang setiap nilai sampel analog akan dikuantisasi menjadi nilai diskrit untuk representasi dari diskrit kode digital. Dengan demikian PAM dapat diubah menjadi nilai sistem PCM dengan menambahkan A/D konverter yang sesuai pada sumber sinyalnya dan D/A konverter pada tempat tujuan.




PROSES - PROSES UTAMA PCM

Proses-proses utama dalam sistem PCM diantaranya adalah proses sampling, quantizing, coding, decoding.


SAMPLING (PENCUPLIKAN)

Sampling adalah proses mengukur nilai amplitudo suatu sinyal pada interval waktu yang pendek, sampling adalah  tahap pertama dari PCM.


QUANTIZING (KUANTISASI)

Kuantisasi adalah suatu proses pengelompokan sinyal pada interval tertentu. Besarnya selang kuantisasi ini disebut dengan B step size. Berdasarkan ukuran besarnya sebuah step size tersebut kemudian sinyal dapat dikodekan menjadi 2 jenis, yaitu :
  • Kuantisasi seragam
  • Kuantisasi tidak seragam
Banyaknya interval tergantung dari berapa banyaknya bit yang akan digunakan untuk proses penyediaan. Jika konverter A/D nbit, maka jangkauan sinyal analog yang dapat dikuantisasikan menjadi z^n interval.


CODING (PENGKODEAN)

Coding  merupakan proses perubahan sinyal yang masih berbentuk analog menjadi sebuah sinyal digital, dimana terdiri dari 2 blok utama, yaitu :
  • A/D konverter adalah merubah sinyal analog menjadi kode biner, akan tetapi keluarannya berbentuk paralel.
  • D/A konverter adalah mengubah bentuk deretan paralel kode biner menjadi serial.


Demikian penjelasan tentang Pengertian Pulse Code Modulation (PCM) Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini