Pengertian e-Government Lengkap Beserta Tujuan dan Manfaat

6:48:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Pelayanan publik tak henti-hentinya ditingkatkan oleh pemerintah hingga kemudahan untuk melakukan suatu hubungan langsung kepemerintahan secara online dan berbasis elektronik. Seperti ktp elektronik yang telah digunakan saat ini, atau mengakses web pemerintahan untuk menyampaikan keluhan masyarakat. Layana tersebut dinamakan e-Government atau pemerintahan berbasis elektronik. Karena itu pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian e-government serta tujuan dan manfaatnya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN E-GOVERNMENT

E-Government (e-gov) adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan sistem manajemen dan sebuah proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan suatu teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, untuk urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada para legislatif, yudikatif, atau bagian administrasi publik, guna meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang lebih demokratis.



JENIS - JENIS E-GOVERNMENT

Ada empat jenis e-government, antara lain :
  • Government-to-Customer (G2C)
  • Government-to-Business (G2B)
  • Government-to-Government (G2G)
  • Government-to-Employe (G2E)


TUJUAN E-GOVERNMENT

Tujuan dari dibangunnya E-Government itu adalah sebuah pembentukan jaringan dan transaksi layanan publik yang tidak dibatasi sekat waktu dan letak lokasi, serta biaya yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Secara umum, penerapan e-Government di berbagai negara mempunyai tujuan sebagai berikut:
  • Meningkatkan persentase kualitas layanan masyarakat, terutama kepada hal mempercepat proses dan mempermudah akses interaksi masyarakat;
  • Meningkatkan moda transparansi pemerintahan dengan cara memperbanyak akses informasi public;
  • Meningkatkan pertanggungjawaban dari pemerintah dengan cara menyediakan lebih banyak pelayanan dan jaringan informasi, serta menyediakan kanal akses baru kepada masyarakat;
  • Mengurangi waktu dan uang serta sumber daya lain, baik di sisi pemerintah maupun pihak-pihak yang terlibat dengan memperpendek proses pemberian layanan publik tersebut.


MANFAAT E-GOVERNMENT

Manfaat dari e-Government, yaitu :
  • Membuat mudah bagi setiap warga negara untuk memperoleh sebuah pelayanan dan interaksi dengan pemerintahnya, memperbaiki efisien dan efektivitas dan memperbaiki tanggapan atau tanggung jawab sistem pemerintahan kepada warga negaranya. Kemudian akan memberikan value, seperti : penyederhanaan pelayanan, menghilangkan adanya lapisan-lapisan pada pelayanan publik, memungkinkan semua warga negara dapat memperoleh informasi dan pelayanan lebih mudah, meringkas transaksi melalui suatu integrasi dari sistem pemerintahan dan suatu aliran operasional sistem pemerintahan dapat dilakukan lebih cepat.
  • Meningkatkan persentase kualitas pelayanan kepada masyarakat, mereduksi biaya transaksi, memperbaiki proses keterbukaan dan akuntabilitas di lingkungan pemerintahan, terjalin suatu komunikasi dan interaksi pada proses pemerintahan dan menciptakan masyarakat berbasis komunitas informasi yang lebih memiliki kualitas.
  • Pemerintah tidak tertutup dengan warga negara karena tersedianya akses informasi, pelayanan publik yang lebih modern, antar lembaga pemerintah dapat berkomunikasi dan kerja lebih efisien dan efektif serta memungkinkan untuk meningkatkan pendapatan dari pajak.


Itu tadi adalah penjelasan tentang Pengertian e-Government Lengkap Beserta Tujuan dan Manfaat. Semoga artikel di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Baca juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini