Pengertian dan Cara Kerja Register Geser Lengkap

3:10:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian register geser dan cara kerja register geser yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti. Bagaimana sebuah jam digital dapat menunjukkan waktu secara tepat? Bagaimana kalkulator dapat menunjukkan angka dan simbol matematika secara berurutan? Semua itu dapat terjadi karena pada perangkat elektronik dilengkapi dengan sebuah register geser atau shift register.


PENGERTIAN REGISTER GESER

Register Geser adalah suatu susunan pendaftaran informasi yang ada pada rankaian elektronika dimana informasi dapat digeserkan. Dalam register geser ada beberapa flip-flop yang saling dikoneksikan, sehingga informasi yang sudah terdaftar dapat digeserkan dari satu flip-flop ke flip-flop yang lain, bergerak ke kiri atau ke kanan atas perintah denyut Clock. Register dapat langsung disusun dengan flip-flop. Sebuah flip-flop dapat menyimpan atau mengingatatau mencatat data 1 bit.

Operasi pergeseran data oleh register ini membuktikan bahwa suatu data biner dapat berpindah tempat, dari satu tempat ke tempat yang lain. Perpindahan data biner terjadi berdasarkan waktu.

Register Geser atau Shift Register dapat memindahkan sejumlah bit yang  telah tersimpan dari kanan ke kiri atau dari kiri ke kanan. Pergeseran bit ini penting dalam operasi aritmatika dan operasi logika yang sering dipakai dalam sebuah mikroprosesor .


DASAR REGISTER GESER

Dasar dari register geser adalah menggeser data informasi yang disimpan di dalam register geser tersebut. Sebagai contoh, register geser dengan 4-bit akan menggeser data biner yang saling berurutan sebanyak 4 posisi atau kita sebut 4 bit.

Proses bergesernya data yang masuk ke dalam sebuah register terjadi sejalan dengan sinyal pendetak. Cepat atau lambatnya suatu pewaktuan dalam pergeseran ditentukan oleh sebuah sinyal pendetak yang digunakan dalam rangkaian tersebut. Setiap kali sinyal pendetak berdenyut, maka data yang tersimpan akan digeser satu posisi. Jika pulsa pendetak tersebut berdenyut sekali lagi, maka data yang tersimpan akan digeser satu posisi lagi dan seterusnya


CONTOH REGISTER GESER

Contoh kasus register geser dalam sehari-hari yaitu terdapat pada kalkulator yang biasa kita gunakan. Bila kita memasukan masing-masing digit yang ada pada papan tombol, angka pada peraga akan bergeser ke kiri. Jadi, untuk memasukkan angka 268 kita harus mengerjakan hal berikut.

Pertama, kita akan menekan dan melepaskan 2 pada papan tombol kalkulator, maka 2 muncul pada layar dengan posisi paling kanan. Selanjutnya, kita menekan dan melepaskan 6 pada papan tombol yang dapat menyebabkan 2 bergeser satu posisi ke kiri, yang kemudian memungkinkan 6 muncul pada posisi paling kanan layar, 26 muncul pada layar. Kemudian, kita menekan dan melepaskan 8 pada papan tombol, 268 muncul pada layar.


JENIS - JENIS REGISTER GESER
  1. Serial Input Serial Output (SISO)
  2. Serial Input Paralel Output (SIPO)
  3. Paralel In Serial Output (PISO)
  4. Paralel Input Paralel Output (PIPO)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Populer Hari Ini