Pengertian Modulasi Analog Lengkap

2:01:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian modulasi analog yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.  Pengiriman suatu data dilakukan dengan menggunakan metode yaitu Modulasi yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Metode modulasi ini dibagi menjadi 2, yaitu modulasi analog dan modulasi digital. Lalu apa itu modulasi analog? Bagaimana cara kerjanya? Mari kita pelajari bersama.


PENGERTIAN MODULASI ANALOG

Modulasi Analog adalah sebuah modulasi dimana sinyal masukannya adalah sinyal analog.. Metode ini biasa digunakan dalam sistem informasi dan pensinyalan. Modulasi analog terbagi menjadi tiga macam, yaitu AM , FM, dan PAM. 




AMPLITUDO MODULATION (AM)

Modulasi jenis ini adalah modulasi yang paling mudah, frekuensi pembawa atau carrier akan diubah amplitudonya sesuai dengan sinyal informasi yang akan dikirimkan. Dengan kata lain AM adalah sebuah modulasi dimana amplitudo dari sinyal pembawa berubah karakteristiknya sesuai dengan amplitudo dari sinyal informasi.

Modulasi ini dapat disebut linear modulation, yang berarti bahwa pergeseran frekuensinya bersifat linier mengikuti sinyal informasi yang akan ditransmisikan.



FREQUENCY MODULATION (FM)

Modulasi Frekuensi adalah suatu cara memodifikasi atau merubah sinyal sehingga memungkinkan untuk membawa serta mentransmisikan informasi ke tempat tujuan. Frekuensi dari sebuah sinyal pembawa berubah-ubah menurut besarnya amplitudo dari sinyal informasi. FM ini lebih tahan gangguan daripada AM.



PULSE AMPLITUDO MODULATION (PAM)

Basis konsep PAM adalah merubah amplitudo sinyal pembawa yang berupa deretan pulsa atau diskrit yang perubahannya akan mengikuti bentuk amplitudo dari sinyal informasi yang akan dikirimkan ke tempat tujuan. Jadi, sinyal informasi yang dikirim tidak seluruhnya tapi hanya sampel saja.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini