Pengertian e-Commerce Menurut Para Ahli Lengkap

10:43:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Sering atau pernah belanja online? Layanan tersebut adalah salah satu cara untuk memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus antri lama-lama pusing mencari lokasi tokonya. Layanan ini disebut dengan e-commerce. Lalu bagaimana pandangan para ahli tentang e-commerce ini? Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian e-commerce menurut para ahli yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN E-COMMERCE

e-Commerce atau yang biasa kita disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan sebuah transmisi elektronik, Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkaitan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping, Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, serta dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B).


  • Menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 4 macam perspektif berikut:
    1. Dari perspektif komunikasi, e-Commerce adalah pengiriman barang, layanan jaringan informasi atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui sebuah peralatan elektronik lain.
    2. Dari perspektif proses bisnis, e-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang dapat menuju ke tahap otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
    3. Dari perspektif layanan, e-Commerce merupakan suatu alat yang dapat memenuhi keinginan perusahaan dan konsumen serta manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas suatu barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
    4. Dari perspektif online, e-Commerce menyediakan kemampuan membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
  • Menurut Laudon & Laudon (1998), e-Commerce adalah sebuah proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan lain melalui komputer sebagai perantara transaksi bisnis.
  • Menurut David Baum (1999, pp. 36-34), e-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.

Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: 
E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.


TUJUAN E-COMMERCE

Tujuan suatu perusahaan dalam menggunakan layanan e-Commerce adalah dengan menggunakan e-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan persentase keuntungannya.


MANFAAT E-COMMERCE

Manfaat dalam menggunakan layanan e-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sebuah sistem transaksi adalah:
  1. Dapat meningkatkan market exposure atau pangsa pasar.
  2. Menurunkan biaya operasional atau operating cost.
  3. Melebarkan jangkauan atau global reach.
  4. Meningkatkan customer loyalty
  5. Meningkatkan supply management
  6. Memperpendek waktu produksi.


Demikian penjelasan  tambangilmu tentang Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Baca juga

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini