Pengertian Flip-Flop Pada Rangkaian Elektronika Lengkap

1:48:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian flip-flop pada rangkaian elektronika yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti. Flip-flop sendiri adalah gabungan dari beberapa gerbang logika yang berguna dalam penyimpan suatu data atau informasi yang kemudia digunaka untuk melakuka suatu perintah digital


PENGERTIAN FLIP-FLOP

Flip-Flop merupakan sebuah sirkuit elektronik yang mempunyai dua arus stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Sebuah flip-flop merupakan suatu multivibrator-dwistabil. Sirkuit dapat dibuat untuk mengubah arus dengan sinyal yang dimasukkan pada salah satu atau lebih input kontrol dan akan memiliki satu atau dua output. 

Ini merupakan elemen penyimpanan dasar pada Logika Sekuensial. Flip-flop merupakan bangunan penting dalam sistem elektronik digital yang digunakan pada sebuah komputer, jaringan komunikasi dan tipe lain dari sistem.

Flip-flop digunakan sebagai elemen penyimpan data, seperti penyimpan data yang dapat juga digunakan sebagai tempat penyimpanan memori, seperti sirkuit yang dijelaskan pada logika sekuensial. Ketika menggunakan sebuah Read-only Memory atau ROM, output dan keadaan berikutnya tidak hanya akan bergantung kepada input awalnya saja, namun pula pada keadaan yang sekarang. 

Flip-flop juga dapat digunakan sebagai alat menghitung detak, dan untuk mengsinkronisasikan input sinyal waktu variable untuk beberapa buah sinyal waktu yang direferensi. Flip-flop dapat digunakan secara sederhana yaitu dengan menggunakan clock.


JENIS - JENIS FLIP-FLOP

Berikut adalah jenis - jenis flip - flop dan pengertiannya :


RS Flip-Flop (RSFF)

RS FF adalah dasar dari semua Flip-flop yang memiliki 2 buah gerbang inputan atau masukan yaitu R dan S.  R yang berarti "RESET" dan S berarti "SET". RS Flip-flop mempunyai 2 buah keluaran atau output yaitu Q dan Q`.

Bila S diberi logika 1 dan R diberi logika 0, maka output Q akan berada pada logika 0 dan Q not adalah kebalikannya yaitu pada logika 1. Bila R diberi logika 1 dan S diberi logika 0 maka keadaan pada output akan berubah menjadi Q berada pada logika 1 dan Q not adalah kebalikannya  yaitu pada logika 0.

Sifat paling penting dari Flip-Flop ini adalah bahwa sistem ini dapat menempati salah satu dari dua keadaan stabil adalah keadaan stabil I diperoleh saat Q berlogika 1 dan Q not berlogika 0, dan keadaan stabil ke II diperoleh saat Q  berlogika 0 dan Q not berlogika 1.

RS Flip-flop mempunyai kondisi tertentu, yaitu kondisi terlarang dan kondisi no-change.


D FLIP-FLOP (DFF)

D Flip-flop merupakan salah satu jenis Flip-Flop yang dibuat menggunakan RS Flip-Flop. Perbedaan dengan RS Flip-Flop terletak pada inputan R, pada D Flip-Flop inputan R akan terlebih dahulu diberi gerbang NOT. maka setiap masukan ke D Flip-Flop ini akan memberi sebuah keadaan yang berbeda pada input RS, dengan demikian hanya terdapat 2 keadaan SET  dan RESET , yaitu S berlogika 0 dan R berlogika 1 atau S berlogika 1 dan R berlogika 0.


JK FLIP-FLOP(JKFF)

Kelebihan JK Flip-flop adalah tidak adanya sebuah kondisi terlarang atau yang berarti jika diberi berapapun inputannya asalkan terdapat clock maka akan terjadi perubahan di dalam keluarannya atau di dalam outputnya.


CRS FLIP-FLOP (CRSFF)

CRS Flip-Flop adalah clocked RS-FF yang sudah dilengkapi dengan sebuah terminal pulsa clock. Pulsa clock disini akan berfungsi untuk mengatur keadaan Set dan Reset. Apabila sebuah pulsa clock berlogika 0, maka perubahan logika pada input R dan S tidak akan mengakibatkan suatu perubahan pada output Q dan Qnot. Akan tetapi apabila pulsa clock berlogika 1, maka perubahan pada input R dan S akan mengakibatkan suatu perubahan pada output Q dan Q not


T FLIP-FLOP (TFF)

T Flip-flop adalah sebuah rangkaian flip-flop yang telah dibuat dengan menggunakan flip-flop J-K yang kedua inputnya dihubungkan menjadi satu maka akan diperoleh flip-flop yang akan memiliki sifat untuk membalik output sebelumnya jika inputannya tinggi dan outputnya akan tetap jika inputnya rendah. T sendiri berarti Toggle.



Demikian penjelasan tentang Pengertian Flip-Flop Pada Rangkaian Elektronika Lengkap. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Populer Hari Ini