Pengertian Demultiplexer (DEMUX) Lengkap

2:49:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian demultiplexer (demux) yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN DEMULTIPLEXER

Demultiplekser adalah suatu rangkaian pada rangkaian elektronika yang mendistribusikan satu masukan ke lebih dari satu luaran. Demultiplekser disebut juga sebagai data distributor. Pemilihan saluran untuk keluaran dilakukan oleh sinyal kontrol. Sinyal kontrol merupakan sebuah masukan yang berfungsi sebagai alat untuk mengarahkan setiap sinyal masukan pada saluran luaran yang dipilih. Suatu demultiplekser dengan sebuah n sinyal kontrol akan memiliki 2n saluran untuk keluaran.

Demultiplekser atau De-Mux atau biasa disebut juga distributor data. Demux mempunyai satu  kanal input yang didistribusikan ke beberapa kanal output. Selektor input akan menentukan ke output mana input data akan didistribusikan. Banyaknya jumlah selektor dilihat dari banyaknya jumlah kanal output.  


CONTOH DEMULTIPLEXER

IC 74LS138 merupakan demultiplekser yang digunakan untuk menyalurkan satu buah data ke 8 jalur keluaran.
  • Komponen ini mempunyai 3 masukan data yang bisa dipilih salah satu, yaitu E1, E2, dan E3 sebagai aktif-LOW atau akan bekerja apabila berlogika nol serta E3 aktif-HIGH yang berkerja apabila berlogika satu
  • Untuk memilih keluaran mana yang akan digunakan untuk mengeluarkan data, diperlukan 3 buah masukan pemilih, yaitu A, B dan C
  • Selain itu terdapat 8 luaran aktif-LOW, yaitu  Y0, Y1, Y2, Y3, Y4, Y5, Y6, dan Y7
  • Sedangkan kaki 8 harus dihubungkan ke GND dan kaki 16 harus dihubungkan ke VCC +5V

Susunan kaki IC 74LS138 dapat dilihat dalam gambar berikut :
Gambar : IC 74LS138


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini