Pengertian Decoder dan Jenisnya Lengkap

10:06:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan menjelaskan tentang pengertian decoder dan jenisnya yang akan dijabarkan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti. Pernahkah Anda mendengar tentang decoder? Apa itu decoder? Apa saja jenis-jenis decoder yang ada saat ini?


PENGERTIAN DECODER

Decoder adalah suatu rangkaian atau piranti yang mendeteksi kehadiran dari keadaan atau kondisi input yang unik dan menghasilkan suatu keluaran yang unik untuk kondisi ini. Sebagai contoh yaitu sebuah Decoder BCD atau Binary Coded Decimal yaitu penerjemah bilangan biner ke bilangan desimal. Setiap keadaan dari empat input yang telah terdeteksi dan output menghasilkan sebuah logika tinggi pada satu jalur dari sepuluh jalur yang bersesuaian untuk kondisi input.


Decoder adalah sebuah perangkat yang dapat melakukan kebalikan dari sebuah encoder, yang berfungsi untuk mengurai encoding sehingga informasi asli dapat untuk diambil. Metode yang sama digunakan untuk mengkodekan biasanya hanya terbalik dalam rangka untuk memecahkan kode.


JENIS DECODER

Terdapat 3 jenis decoder, yaitu


SYARAT DECODER

Sebuah dekoder harus memenuhi syarat perancangan m < 2 n. Nilai variabel m adalah kombinasi keluaran dan n adalah jumlah bit masukan. Satu kombinasi dari bit masukan hanya dapat mewakili satu kombinasi keluaran.



Demikian penjelasan tentang Pengertian Decoder dan Jenisnya Lengkap. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat.

Baca juga

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini